Breaking News:

Berita Lamongan

Ratusan Rumah Warga Lamongan Tidak Layak, Bupati Yuhronur Anggarkan Rp 2.4 Miliar untuk Renovasi

Dan perbaikan ratusan RTLH itu akan menggunakan dana alokasi khusus (DAK) 2021, sebesar Rp 2, 440 miliar.

surya/hanif manshuri
Bupati-Wakil Bupati Lamongan, H Yuhronur Efendi dan KH Abdul Rouf (YesBro). 

SURYA.CO.ID, LAMONGAN - Tahun pertama pemerintahan Yuhronur Efendi-KH Abdul Rouf di Pemkab Lamongan, akan menjadi masa menggembirakan bagi ratusan warga Lamongan.

Khusus untuk warga Lamongan yang rumahnya tidak layak huni, pemkab akan melakukan bedah rumah atau perbaikan melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Lamongan.

Direncanakan ada sebanyak 135 unit rumah tidak layak huni (RTLH) yang akan dibedah. Dan perbaikan ratusan RTLH itu akan menggunakan dana alokasi khusus (DAK) 2021, sebesar Rp 2, 440 miliar.

"Kita targetkan ada 135 rumah warga tidak mampu yang akan kita rehabilitasi, " kata Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, Minggu (18/4/2021).

Detailnya, lanjut Yuhronur, anggaran DAK sebesar Rp 2,440 miliar dialokasikan untuk untuk 122 rumah dan 13 bangunan yang tersebar di sejumlah kecamatan.

Selain itu, masih kata bupati yang akrab disapa Pak Yes itu, juga ada 13 unit rumah tidak layak huni yang akan dibedah melalui anggaran APBD 2021 senilai Rp 10 juta per unit.

Sebelumnya, pemkab hanya mengalokasikan anggaran Rp 7,5 juta per unit melalui APBD. Tetapi pada 2021 ini nilainya ditambah menjadi Rp 10 juta per unit. "Jadi tahun ini total ada 135 unit rumah warga kurang mampu yang akan dibedah oleh Pemkab Lamongan," katanya.

Program bedah rumah ini diakui Pak Yes bukan yang pertama, namun ini program berkesinambungan. Sebelumnya program ini sudah pernah dijalankan, tetapi tahun ini jumlahnya lebih banyak.

Ia berharap, program bedah rumah ini bisa meringankan hidup warga yang selama ini menghuni rumah tidak layak huni. ****

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved