Breaking News:

Berita Surabaya

Larangan Mudik Potensi Daerah Jual Wisata untuk Wisatawan Warga Sekitar

Momentum Ramadan dan Lebaran, terutama saat mudik berpotensi meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di daerah wisata.

SURYA.CO.ID/Bobby Constantine Koloway
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Sinarto. 

Berita Surabaya
Reporter: Sri Handi Lestari
Editor: Irwan Sy

SURYA.co.id | SURABAYA - Momentum Ramadan dan Lebaran, terutama saat mudik berpotensi meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di daerah wisata.

Namun, pandemi covid-19 yang telah berlangsung sejak tahun lalu, dipastikan potensi itu akan hilang di momentum Lebaran tahun ini.

"Apalagi adanya larangan mudik. Kami mengikuti aturan itu dan memang berat, tapi kami mengajak semua untuk kolaborasi agar wisata tetap tumbuh biar srondok uriplah (sedikit hidup)," kata Sinarto, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jatim, Sinarto, saat hadir dalam Pelatihan Wartawan dengan tema Sinergi Mendukung Bangga Wisata Jawa Timur, yang digelar Bank Indonesia Jatim, Sabtu (17/4/2021).

Sinarto juga mendorong berbagai daerah kota dan kabupaten untuk memaksimalkan kembali potensi wisata daerah yang bisa jadi kunjungan wisata lokal, seperti desa wisata di masing-masing kota dan kabupaten.

"Dan tentunya tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Kolaborasi lah dengan Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, agar lebih tertata dan aman serta tetap nyaman," ungkap Sinarto.

Untuk selanjutnya, di sepanjang tahun 2021 itu, Disbudpar Jatim mentargetkan ada kunjungan wisatawan Nusantara sebesar 25 juta kunjungan.

Hal ini meningkat dibanding tahun 2020 lalu yang mencapai 22 juta. Jumlah tahun pertama pandemi itu, anjlog dibanding tahun 2019 yang mencapai 82 juta.

"Nah, kami tidak bisa memanfaatkan moment Lebaran ini, tapi kami siapkan kalender wisata untuk kembali digelar oleh daerah-daerah," ungkap Sinarto.

Yang sudah memasukkan kalender event adalah Jember dan Banyuwangi.

Halaman
12
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved