Breaking News:
Grahadi

Pemprov Jatim

Wagub Emil Jelaskan Soal Larangan Mudik Lebaran dan Bahas Perjalanan di Wilayah Aglomerasi

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak turut menyampaikan keterangan terkait larangan mudik Lebaran tahun 2021.

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Benni Indo
Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak turut menyampaikan keterangan terkait larangan mudik Lebaran tahun 2021.

Ia menegaskan, bahwa saat ini pihaknya bersama forkopimda juga tengah mematangkan terkait detail regulasi dalam pelaksanaan larangan mudik Lebaran pada 6-17 Mei 2021 mendatang.

"Kalau sekarang jangan bilang mudik boleh atau tidak boleh, mudik lokal atau non lokal. Tapi perjalanan di wilayah aglomerasi itu diperbolehkan," ujar Emil saat ditemui di Gedung Negara Grahadi, Jumat (16/5/2021).

Sebagaimana diketahui pemerintah juga memberikan pengecualian adanya perjalanan dalam di wilayah aglomerasi. Di Jatim, wilayah aglomerasi tersebut adalah Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo dan Lamongan (Gerbangkertosusila).

Wagub Emil mengatakan, Forkopimda akan membahas secara khusus ketentuan terkait perjalanan di wilayah aglomerasi ini. Karena, terminologi yang digunakan adalah perjalanan dalam wilayah aglomerasi itu diperkenankan.

Sementara definisi mudik, yang sering dipahami adalah orang merantau jauh dari kampung halaman dan menggunakan momen tertentu seperti Lebaran untuk pulang kampung selama beberapa hari.

Seperti apa aturan terkait perjalanan di wilayah aglomerasi itu, Emil mengaku saat ini sedang dimatangkan. Sebab dari pemerintah baru kata-kata perjalanan yang muncul.

Tapi perjalanan dalam wilayah aglomerasi seperti apa yang diperbolehkan masih menunggu kesepakatan lebih lanjut.

Lebih lanjut mantan Bupati Trenggalek ini juga menuturkan, kebijakan seperti ini harus menunggu aturan dan melihat perkembangan terkait epidemologi penyebaran virus Corona.

Sementara itu, sebelumnya Kadishub Jatim, Nyono telah menegaskan bahwa mudik Lebaran dilarang. Termasuk di kawasan aglomerasi.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved