Breaking News:

Pemprov Jatim

Menkominfo Luncurkan Kurikulum dan Modul Literasi Digital di Surabaya, ini Targetnya

Kementerian Kominfo RI meluncurkan 4 Pilar Kurikulum dan Modul Literasi Digital di Grand City Kota Surabaya, Jumat (16/4/2021). 

surya.co.id/fatimatuz zahro
Menteri Kominfo Johnny G. Plate bersama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meluncurkan 4 Pilar Kurikulum dan Modul Literasi Digital di Grand City Kota Surabaya, Jumat (16/4/2021). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Kementerian Kominfo RI meluncurkan 4 Pilar Kurikulum dan Modul Literasi Digital di Grand City Kota Surabaya, Jumat (16/4/2021). 

Menteri Kominfo Johnny G Plate yang hadir langsung dalam peluncuran itu menyampaikan bahwa Kementerian Komunikasi dan Informatika menargetkan 12,5 juta warga Indonesia makin cakap dalam beraktivitas di ruang digital pada tahun 2021. 

Terutama di masa pandemi Covid-19 ini, telah dibuktikan bahwa kini dibutuhkan lebih banyak orang beraktivitas, berinteraksi, dan bermigrasi ke ruang digital. 

Karena itu, Kementerian Kominfo bertekad agar SDM bangsa bisa dikuatkan dalam hal digitalisasi. Caranya dengan menggasan Gerakan Nasional Literasi Digital. 

Dengan literasi digital, diharapkan masyarakat dapat berpikir kritis terhadap penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Empat kurikulum yang diberikan yaitu Digital Skills, Digital Safety, Digital Ethics, dan Digital Culture. 

“Gerakan ini akan dilakukan di 34 provinsi 514 kabupaten kota, sampai delapan bulan ke depan dan ini nanti akan berkesinambungan,” kata Menteri Johnny.

“Targetnya akan menyasar 12,5 juta masyarakat dan akan dilakukan 20 ribu kegiatan dan kerjasama di antara kementerian Kominfo, pemda dan lebih dari 110 lembaga,” katanya melanjutkan.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa saat ini sudah 70 ribu desa yang kelurahannya sudah bisa dicover sinyal internet.

Tahun ini, agar semakin luas jangkauan internet di pedesaan, maka akan ada pembangunan jaringan internet di 1.400 desa, dan di tahun 2023 sebanyak 3.700 desa. 

Saat ini Indonesia dikuatkan oleh 9 satelit telekomunikasi. Dengan 5 satelit dalam negeri dan 4 sisanya sewa satelit milik asing.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved