Breaking News:

Ini Sosok Anggota TNI yang Gabung KKB, Dari Raider Kodam Diponegoro, Membelot saat Bertugas di Papua

Hal ini disampaikan oleh Asisten Operasi Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III Brigjen Suswatyo

Kolase Istimewa/KOMPAS.COM/DHIAS SUWANDI
Gerombolan KKB Papua (kiri). Foto kanan Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri. KKB Papua 

SURYA.co.id I JAKARTA - Seorang anggota TNI di Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 400/Banteng Raiders, Pratu Lucky Y Matuan alias Lukius, disebut bergabung dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kabupaten Intan Jaya, Papua. Akibat pembelotan itu, ia telah dipecat.

Hal ini disampaikan oleh Asisten Operasi Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III Brigjen Suswatyo. "Pratu Lukius dia kelana yuda (meninggalkan tugas) bergabung dengan KKB di Intan Jaya," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Jumat (16/4/2021).

Pada Agustus 2020 hingga Maret 2021, Yonif Raider 400/Banteng Raiders yang berada di bawah Kodam IV/Diponegoro, sempat ditugaskan ke Kabupaten Intan Jaya.

Saat penugasan itulah, kata Suswatyo, Lukius membelot. "Dia tidak bawa senjata," imbuhnya.

Atas tindakannya tersebut, Pratu Lukius sudah dipecat dari TNI. Kepala Penerangan Kogabwilhan III Kolonel Czi IGN Suriastawa menyatakan, Pratu Lukius dipecat karena dianggap kabur dari tugas

"Dalam operasi (tugas) kalau dia tiga hari kabur maka dia dinggap tidak etik, dipecat," bebernya lewat sambungan telepon, Jumat.

Terkait dugaan keterlibatan Pratu Lukius dalam penyerangan sejumlah pos TNI di Intan Jaya, Suriastawa mengaku belum bisa menyampaikan jawaban pastinya. "Sekarang kami sedang kembangkan informasi (keberadaan Pratu Lukius), tapi kami tidak tahu sejauh mana (keterlibatannya dalam aksi KKB), sekarang dia jadi sasaran prioritas," ungkap dia.

Dicap pengkhianat Karena bergabung dengan KKB, Pratu Lukius dicap sebagai pengkhianat. Suswatyo menuturkan, jika di kemudian hari pihaknya bertemu dengan Lukius, ia akan ditindak tegas.

"Mereka sudah gabung ke sana, kalau ketemu ya ditindak tegas karena dia sudah masuk kelompok ekstremis," kata Suswatyo.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Seorang Eks-TNI Bergabung dengan KKB, Membelot Saat Bertugas di Papua, Dicap Pengkhianat"

Editor: Suyanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved