Breaking News:

Berita Jember

Seperti Sedekah Darah, Warga Jember Antusias Donorkan Darah usai Shalat Tarawih

Puluhan warga yang tinggal di sekitar masjid juga ikut mendonor darah usai menjalankan shalat Tarawih.

surya/sri wahyunik
Petugas PMI Jember melayani warga yang mendonorkan darah usai shalat Tarawih di Masjid Jami' Kecamatan Balung, Kamis (15/4/2021). 

SURYA.CO.ID, JEMBER - Pembukaan layanan donor darah oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jember usai pelaksanaan shalat Tarawih, mendapat respons positif.

Meski masih masa pandemi, warga yang baru melaksanakan shalat Tarawih antusias mendonorkan darah di malam hari, seperti terlihat di sekitar Masjid Jami' Darul Muttaqin Kecamatan Balung, Selasa (13/4/2021) malam.

Puluhan warga yang tinggal di sekitar masjid juga ikut mendonor darah usai menjalankan shalat Tarawih.

Menurut Ketua PMI Jember, EA Zaenal Marzuki, kegiatan donor darah di masjid besar Kecamatan Balung itu rutin digelar setiap Ramadhan, karena banyak relawan pendonor aktif mendonorkan darah.

“Kegiatan donor darah di masjid Jami’ Darul Muttaqin Balung sudah rutin. Kesadaran masyarakat sekitar untuk donor darah cukup tinggi, minimal bisa sedekah darah untuk sesama yang membutuhkan,” ujar Zaenal, Kamis (15/4/2021).

Zaenal menegaskan, puasa tidak menghalangi para relawan untuk tetap mendonorkan darah. Dan tidak seperti sebelumnya di mana pandemi membuat warga ragu, antusias warga sekarang justru besar.

“Kalau tidak puasa donor darah bebas dilakukan, kalau pas puasa Ramadhan lebih baik dilakukan pada malam hari. Kebetulan saat ini masjid-masjid di Jember menggelar shalat Tarawih, sehingga kegiatan donor darah bisa dilakukan," imbuhnya.

Dono darah di malam hari juga bisa diikuti oleh warga di sekitar masjid. Apalagi selama Ramadhan ada suvenir menarik dari PMI Jember untuk pendonor. “Ini program PMI, setiap Ramadhan ada suvenir khusus bagi pendonor yang lolos donor darah,” ujarnya.

Sementara Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Jember, dr Dudung Ari Rusli menambahkan, kegiatan donor darah selama Ramadhan 1442 Hijriyah itu dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. “Saat ini masih pandemi Covid-19 sehingga pelaksanaan tetap mematuhi protokol kesehatan,” kata Dudung

Dudung mengimbau masyarakat untuk datang ke tempat-tempat donor darah malam hari selama Ramadhan. PMI Jember sudah menjadwalkan donor darah selama Ramadhan di kantor kecamatan atau masjid terbesar di masing-masing kecamatan. "Jadwal donor darah sudah kami sebar melalui media sosial,” ujarnya. ****

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved