Breaking News:
Grahadi

Pemprov Jatim

Jatim Kirim 45 Truk Bantuan untuk Warga NTT, Dilepas Gubernur Khofifah dan Pangkoarmada II

Gubernur Khofifah bersama Pangkoarmada Laksda TNI ING Sudihartawan melepas pemberangkatan pengiriman bantuan untuk korban bencana di NTT

SURYA.CO.ID/Fatimatuz Zahro
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bersama Pangkoarmada Laksda TNI ING Sudihartawan, melepas pemberangkatan pengiriman bantuan untuk korban bencana di NTT, Kamis (15/4/2021) pagi. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bersama Pangkoarmada Laksda TNI ING Sudihartawan, melepas pemberangkatan pengiriman bantuan untuk korban bencana di Nusa Tenggara Timur, Kamis (15/4/2021) pagi.

Pelepasan pengiriman bantuan itu dilakukan di Dermaga Madura, Ujung, Surabaya.

Bantuan yang dikirimkan ke NTT ini dilayarkan menggunakan KRI Tanjung Kambani-971.

Bantuan sosial yang sudah terkumpul merupakan bantuan yang berasal dari Gubernur Jatim, Wali Kota Surabaya, Pangkoarmada II, Pangdam V/Brawijaya, Kapolda Jatim, Komandan Lantamal V, Kadissenlekal serta perwakilan masyarakat.

Yang diperoleh melalui Kerjasama Satgas Penanggulangan Bencana (Gulben) Spotmar Koarmada II bekerjasama dengan Satgas Posko Bantuan Kemanusiaan Bencana Alam NTT Lantamal V/Sby.

Di dalam pengiriman KRI Tanjung Kambani itu membawa bantuan berupa 45 truk sembako. Yang terdiri dari beras, mie instan, air minum kemasan, pakaian layak pakai, makanan bayi, tenda, selimut, alat mandi, perlengkapan ibadah, obat-obatan, masker dan lain-lain.

Pangkoarmada II, Laksda TNI ING Sudihartawan mengatakan, KRI Tanjung Kambani-971 adalah kapal keempat yang dikerahkan TNI Angkatan Laut untuk mengangkut bantuan menuju daerah Bencana di NTT.

"Sebelumnya tiga kapal TNI AL, di antaranya KRI Oswald Siahaan (OWA)-354, KRI Ahmad Yani-351 dan KRI Semarang-594 beberapa waktu lalu telah diberangkatkan menuju NTT dalam rangka mengangkut bantuan untuk disalurkan kepada para korban bencana alam di NTT," tegasnya.

Ia menyebut, bahwa kegiatan ini akan terus berlangsung, di mana setiap dua minggu mereka akan siapkan kapal untuk berangkat ke NTT untuk menyalurkan bantuan.

Posko bencana alam juga masih dibuka untuk menerima bantuan-bantuan dari seluruh masyarakat.

"Kami juga mengirimkan KRI rumaah sakit untuk memberikan bantuan perawatan medis bagi warga di sana," imbuhnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyampaikan, bahwa bantuan yang dikirimkan hari ini adalah bentuk keguyubrukunan warga Jawa Timur. Yang bersatu untuk menolong saudara masyarakat di NTT yang tengah mengalami kesusahan akibat bencana banjir dan siklon tropis.

"Keguyubrukunan ini adalah social capital yang kita miliki. Oleh sebab itu persaudaraan yang terbangun di antara kita semua harus kita dorong dan jaga bersama. Indikasinya adalah kita nenjadi bagian yang ikut dalam penyelesaian masalah," kata Khofifah.

Sebagaimana diketahui, bencana di NTT menimpa 8 kabupaten. Baru baru ini Jatim juga diguncang gempa yang berdampak di tiga kabupaten. Untuk itu, ia mengajak seluruh pihak untuk berdoa bersama. Agar bencana di Indonesia segara diangkat oleh Tuhan YME.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved