Breaking News:

Berita Kediri

Disnaker Kabupaten Kediri Buka Posko Pengaduan Pembayaran THR

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Kediri membuka posko pengaduan Tunjangan Hari Raya (THR) yang bermasalah.

SURYA.CO.ID/Farid Mukarrom
Kasi Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial (PPHI) Disnaker Kabupaten Kediri, Arman Fuadi saat diwawancarai di Kantor Disnaker Kabupaten Kediri, Kamis (15/4/2021). 

SURYA.CO.ID, KEDIRI - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Kediri membuka posko pengaduan Tunjangan Hari Raya (THR) yang bermasalah.

Hal ini disampaikan Kasi Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial (PPHI) Disnaker Kabupaten Kediri, Arman Fuadi.

Dasar aturan, menurut Arman Fuadi, adalah Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan M/6/HK.04/IV/2021 mewajibkan para pengusaha untuk melakukan pembayaran THR keagamaan tahun 2021 secara penuh, atau tanpa dicicil.

"Dalam ketentuan aturan itu itu sudah dijelaskan secara rinci mengenai jumlah upah yang dibayarkan kan oleh pengusaha kepada buruh," jelasnya kepada SURYA.CO.ID, Kamis (15/4/2021).

Setelah mendapat surat edaran dari Kemenaker, pihak Disnaker Kabupaten Kediri segera menginformasikan kepada seluruh pengusaha yang ada di Kabupaten Kediri.

"Kami punya grup WA forum HRD Setiap perusahaan yang ada di Kabupaten Kediri. Begitu surat edaran keluar, maka kami langsung menginformasikan ke seluruh HRD perusahaan di Kabupaten Kediri," ungkapnya.

Sementara itu, menurut Arman, selambat-lambatnya perusahaan membayarkan THR H-7 menjelang Lebaran 2021.

"Tetapi karena sekarang masih pandemi Covid-19, mungkin saat itu perusahaan yang omzetmnya menurun masih mendapat toleransi. Tetapi batas toleransi yang diberikan selambat-lambatnya melakukan pembayaran H-1 menjelang Lebaran," ungkapnya.

Kemudian saat di singgung mengenai antisipasi jika perusahaan tidak membayarkan THR, pihaknya membuka posko pengaduan di kantor Disnaker Kabupaten Kediri.

"Kalau sampai H-1 perusahaan tidak membayar THR, maka masyarakat atau buruh pekerja bisa melaporkan ke kami. Kami akan dirikan posko pengaduan untuk selanjutnya diproses ke Satuan Pengawas Ketenagakerjaan Disnaker Provinsi Jawa Timur," tutur Kasi Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial (PPHI) Disnaker Kabupaten Kediri.

Sejauh ini, lanjut Arman, pihaknya belum pernah mendapat laporan akan adanya perusahaan yang tak membayarkan THR.

"Beberapa tahun belakangan kami belum mendapat laporan seperti itu. Namun kami akan siap meneruskan pengaduan masyarakat jika ada perusahaan yang tidak membayarkan THR," jelasnya.

Penulis: Farid Mukarrom
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved