Breaking News:

Berita Lamongan

Pelaku UMKM Lamongan Kembali Digelontor Bantuan, Jumlahnya Menyusut 50 Persen

Program ini merupakan ikhtiar pemerintah dalam membangkitkan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

surya/hanif manshuri
Pegawai Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Lamongan mengarahkan pemohon dengan menempel pengumuman di atas kertas karton, Rabu (14/4/2021). 

SURYA.CO.ID, LAMONGAN - Upaya pemerintah mendorong kebangkitan para pelaku ekonomi kecil kembali dilakukan. Setelah sukses tahun lalu, kembali Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM) digulirkan pada 2021 ini.

Bantuan itu akan menyasar para pelaku Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM), salah satunya UMKM di Lamongan. Program ini merupakan ikhtiar pemerintah dalam membangkitkan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Lamongan, Agus Suyanto mengungkapkan, pendaftaran program ini dibuka, Rabu (14/4/2021) hingga 27 April 2021, baik secara online maupun offline.

"Hari ini sudah kita buka pendaftaran offline. Untuk pendaftaran online baru, kita rapatkan dulu dengan camat di seluruh Lamongan," kata Agus kepada SURYA, Rabu (14/4/2021).

Ditambahkan Agus, sesuai ketentuan dari pemerintah pusat maka Banpres Usaha Mikro 2021 ini hanya sebesar Rp 1,2 juta atau berkurang 50 persen.

Ini berbeda dengan tahun lalu yang mencapai Rp 2.4 juta untuk setiap penerima program. "Besaran bantuan tahun ini memang berbeda dengan tahun lalu, " tambahnya.

Tidak hanya jumlah bantuan, menurut arahan pusat, penyaluran dana Banpres 2021 juga akan mempertimbangkan pemohon lama yang sudah mengajukan tahun lalu. Mereka yang mengajukan pada 2020, masih punya kesempatan namun pemohon baru akan diprioritaskan.

Seluruh pemohon yang divalidasi Kemenkop RI akan langsung menerima bantuan dan ditransfer lewat ATM masing-masing. "Tugas kami hanya menyampaikan data ke pusat, untuk pencairan sama sekali tidak tahu. Dan diperkirakan dana itu akan cair pada sekitar April sampai awal Mei, " katanya. ****

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved