Breaking News:

Berita Sampang

Dorong Inovasi Pertanian, Poktan di Sampang Gencar Libatkan Petani Muda

Pelibatan para petani muda dinilai penting agar ada penyegaran dalam meningkatkan pertanian lewat inovasi baru.

Editor: Deddy Humana
surya/hanggara pratama
Kegiatan menyapih padi di Dusun Bangsal, Desa Gunung Eleh, Kecamatan Kedungdung Sampang saat masa panen. 

SURYA.CO.ID, SAMPANG - Banyak upaya dilakukan para kelompok tani (poktan) di Sampang untuk meningkatkan produksi pertanian. Selain dengan perubahan pola tanam, cara terbaru adalah lebih sering melibatkan para pemuda untuk ikut bertani, sebagai cara menyegarkan metode penanaman.

Seperti dilakukan Poktan Sumber Mulyo di Dusun Bangsal, Desa Gunung Eleh, Kecamatan Kedungdung Sampang ini. Pelibatan para petani muda dinilai penting agar ada penyegaran dalam meningkatkan pertanian lewat inovasi baru.

Ketua Poktan Sumber Mulyo, Makbul mengatakan, tenaga muda dalam kelompok tani memang perlu guna menyegarkan inovasi. Sehingga dalam perkembangannya, para petani tidak hanya dapat membudidayakan tanaman yang sama.

Melainkan juga mampu menghadirkan pertanian baru, seperti pertanian durian, melon, alpukat, dan lainnya. "Jadi perombakan struktur itu penting sebagai terobosan baru dalam meningkatkan pertanian," ujar Makbul, Rabu (14/4/2021).

Sedangkan dalam merealisasikan inovasi pertanian, tentunya melihat kondisi tanah terlebih dahulu. Sehingga, pihaknya sudah berencana mengadakan pembinaan dengan cara menghadirkan nara umber berkompeten untuk dilakukan pelatihan.

"Termasuk melakukan studi banding ke daerah lain yang sektor pertaniannya berkembang," terang Makbul.

Di sisi lain, menurutnya, 'berpolitik' dalam bertani juga penting dilakukan, seperti menanam cabai bukan pada musimnya akan mampu meningkatkan hasil jual lebih tinggi dibandingkan pada musimnya.

Sedangkan saat ini para petani mengacu pada musim, sehingga tidak bisa meningkatkan perekonomian. "Yang jelas ke depannya kami akan akan menyisir lebih dalam para petani muda di daerah kami," tutur Makbol.

Ia menambahkan, ide-ide segar dari para petani muda itu nantinya juga akan meningkatkan kualitas anggota agar dapat memakmurkan sektor pertanian di Desa Gunung Eleh. "Termasuk kami akan koordinasi dengan pihak-pihak yang memang paham soal pertanian," pungkasnya. HANGGARA PRATAMA

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved