Breaking News:

Berita Trenggalek

Vaksinasi Saat Ramadan, Dinkes Trenggalek Mulai Vaksin Pada Pertengahan Bulan, Ini Tujuannya

Pemerintah Kabupaten Trenggalek akan segera melaksanakan vaksinasi di bulan Ramadan tahun ini.

SURYA.CO.ID/Aflahul Abidin
Proses vaksinasi di Kabupaten Trenggalek. 

SURYA.CO.ID, TRENGGALEK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek akan segera melaksanakan vaksinasi di bulan Ramadan tahun ini.

Itu setelah pemkab kembali menerima 870 vial atau setara 8.700 dosis vaksin Sinovac akhir pekan kemarin.

Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Trenggalek, Saeroni menjelaskan, vaksinasi saat Ramadan akan dimulai pada pertengahan bulan.

Hal itu dilakukan agar penyuntikan dosis kedua tidak bersamaan dengan waktu sekitar Lebaran. Pihaknya khawatir, proses vaksinasi kurang maksimal apabila berlangsung saat Lebaran.

“Ini rencana, kami jadwalkan minggu depan. Agar nanti dosis kedua tidak bertepatan dengan Hari Raya,” kata Saeroni, Selasa (13/4/2021).

Ia menjelaskan, selisih waktu antara penyuntikan dosis pertama dan dosis kedua untuk vaksin Sinovac saat ini adalah 28 hari.

Rencananya, proses vaksinasi yang digelar saat Ramadan ini akan sama seperti biasanya. Hal itu juga mengacu fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang menyebut vaksinasi Covid-19 tidak membatalkan puasa.

Menurut Saeroni, 8.700 dosis vaksin yang baru sampai bisa dipakai untuk 4.350 orang. Sasaran pada tahap ini, antara lain, guru SMA, SD, para perangkat desa, dan calon jamaah haji.

“Untuk calon jamaah haji, data kami ada sekitar 500-an orang,” ucapnya.
Ia menjelaskan, cepat tidaknya vaksinasi di Kabupaten Trenggalek akan bergantung pada jumlah vaksin yang dikirim dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Kalau vaksin yang datang lebih banyak, prosesnya tentu akan lebih cepat dan semakin luas juga sasaran yang bisa divaksin,” ucap dia.

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved