Breaking News:

Berita Kediri

Polisi Amankan Benda Diduga Cagar Budaya Ditemukan Warga saat Bersih-bersih Sungai di Kediri

Petugas Polsek Plosklaten Kediri amankan benda diduga purbakala di Dusun Sugihwaras Desa Klanderan Plosoklaten Kabupaten Kediri.

surya.co.id/farid mukarrom
Sejumlah Polsek Plosoklaten Polres Kediri mengamankan benda diduga benda purbakala di Desa Klanderan Dusun Sugihwaras, Selasa (13/4/2021) malam. 

SURYA.co.id | Kediri - Petugas Kepolisian dari Polsek Plosklaten Kediri amankan benda diduga purbakala di Dusun Sugihwaras Desa Klanderan Plosoklaten.

Sebelumnya bahwa seorang warga Klanderan Plosoklaten menemukan benda diduga purbakala saat sedang membersihkan sungai.

Benda yang ditemukan itu adalah Kala Candi.

Pasca penemuan itu, pihak Kepolisian dari Polsek Plosklaten segera mengamankan benda purbakala.

Kapolsek Plosoklaten Iptu Iptu Agus Sudarjanto mengaku meminta anggotanya mengamankan benda diduga purbakala yang ditemukan warga.

"Setelah kita mengetahui informasi ini, saya perintahkan anggota datang ke tempat penemuan," ujarnya kepada SURYA.co.id Selasa (13/4/2021.

Menurut Iptu Agus Sudarjanto pengamanan benda purbakala ini sangat penting, untuk antisipasi pencurian oleh warga yang tidak bertanggung jawab.

"Meskipun benda itu belum bisa dipastikan sebagai cagar budaya. Tetapi kita aman dulu, untuk antisipasi agar tidak ada yang mencuri, sampai dinas Pariwisata Kebudayaan melihat penemuan ini," ungkapnya.

Menurut Kapolsek Plosoklaten nantinya benda ini akan diamankan di Mapolsek Plosoklaten.

Ia juga mengapresiasi Pak Yoyok atau Cahyo Umar Guritno yang melaporkan kepada petugas penemuan benda diduga purbakala ini.

Halaman
123
Penulis: Farid Mukarrom
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved