Berita Jember

Panitia UTBK SBMPTN Unej Siapkan GeNose C19 di Kampus Jember dan Bondowoso

Pusat Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Universitas Jember menyiapkan dua GeNose C19

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Fatkhul Alami
Surabaya.Tribunnews.com/Sri Wahyunik
Panitia UTBK SBMPTN Unej Siapkan GeNose C19 di Kampus Jember dan Bondowoso 

Penulis : Sri Wahyunik | Editor: Fatkhul Alami

SURYA.co.id | JEMBER - Pusat Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Universitas Jember menyiapkan dua perangkat GeNose C19. GeNose C19 itu membantu proses penapisan bagi peserta UTBK SBMPTN.

Dua perangkat GeNose tersebut disiagakan di lokasi UTBK di Kampus Tegalboto, Jember dan Kampus Bondowoso. Kebijakan menyiapkan perangkat GeNose sebagai antisipasi jika ada peserta UTBK SBMPTN di Kampus Universitas Jember yang tidak membawa surat keterangan dari RT/RW setempat, atau tidak membawa hasil pemeriksaan tes rapid Antigen.

Ketua Pusat UTBK Universitas Jember Prof Slamin mengatakan, penyediaan GeNose itu merupakan inisiatif dari panitia UTBK Unej.

"Kalau dari LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) tidak mengatur pemakaian GeNose sebagai alat penapisan. Ini keputusan di internal Pusat UTBK Unej, sebagai bentuk antisipasi kami. Karena saat ini kan tidak wajib adanya surat hasil tes rapid, dan bisa digantikan dengan surat keterangan RT atau RW yang menyatakan status Covid-19 di daerah masing-masing," ujar Slamin kepada Surya, Senin (12/4/2021).

Unej memiliki dua perangkat GeNose C19. Satu alat ditempatkan di dekat area pemeriksaan peserta UTBK di double way Unej, sedangkan satunya di Kampus Bondowoso.

Alat itu dipakai untuk pemeriksaan tambahan bagi peserta yang tidak membawa surat keterangan RT/RW atau hasil tes rapid.

Mereka yang tidak membawa dua surat itu, maka harus melewati petugas pemeriksaan lanjutan. Petugas mewawancarai peserta tersebut, yang kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan memakai alat GeNose tersebut.

Peserta yang berasal dari Zona Hijau dinyatakan lolos dari pos pemeriksaan. Namun peserta yang berasal dari Zona Kuning, Oranye, apalagi Merah, harus melewati pemeriksaan lanjutan.

“Bagi peserta yang berasal dari zona kuning, orange, merah dan mereka yang tidak membawa surat keterangan dari RT/RW atau hasil rapid test akan diperiksa, diwawancarai dan dicatat oleh Tim Tanggap Darurat Kesiapsiagaan Bencana (TTDKBC) Covid-19 Universitas Jember. Jika dari hasil pemeriksaan oleh TTDKBC Covid-19 dirasa perlu ditindaklanjuti dengan rapid test, maka kami lakukan pemeriksaan dengan GeNose. Sementara yang berasal dari zona hijau dipersilahkan melanjutkan ke lokasi UTBK masing-masing,” jelasnya.

Slamin menambahkan, pelaksanaan UTBK SBMPTN Unej di hari pertama berjalan lancar. UTBK dibagi dalam dua sesi, yakni pagi dan siang.

Dalam setiap sesi, panitia Pusat UTBK Universitas Jember menyiapkan 575 komputer untuk Kampus Tegalboto, dan 100 komputer di lokasi Kampus Bondowoso.

Panitia Pusat UTBK Universitas Jember melayani 14.071 peserta selama pelaksanaan UTBK gelombang pertama dari 12 hingga 18 April 2021, dan gelombang kedua di 26 April hingga 2 Mei 2021. Mereka terdiri dari 6.583 peserta kelompok ujian Saintek, 6.492 peserta kelompok ujian Soshum, serta 996 peserta kelompok ujian campuran.

Sementara itu, seorang peserta UTBK SBMPTN Unej asal Kota Probolinggo, Farhatus Sholiha mengatakan dirinya sedikit tegang saat mengerjakan tes di layar komputer tersebut.

"Tegang sih, tapi Bismillah saja. Semoga lolos," ujar Farha ketika ditemui Surya, usai mengikuti UTBK di Fakultas Pertanian Unej.

Dirinya sedikit tegang karena kini dirinya harus mengerjakan ujian berbarengan dengan sejumlah orang dalam satu ruangan. Sebab, selama setahun dirinya berada di bangku kelas 3 sekolah menengah atas, dirinya bersekolah secara daring. Bahkan ujian sekolah juga dilakukan secara daring dari rumah masing-masing.

"Setahun sekolah daring, sekarang langsung ikut ujian begini," imbuhnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved