Breaking News:

Bursa Pilgub Jatim 2024, Nama Khofifah, Risma dan Emil Dardak Jadi Calon Gubernur Favorit Millenial

Lembaga Surabaya Survey Centre merilis hasil survei terbaru, di antaranya memotret nama tokoh favorit millenial untuk Pilgub Jatim 2024.

SURYA.CO.ID/Yusron Naufal Putra
Rilis hasil survei SSC bertajuk 'Gelagat Politik Millenial Jawa Timur', Senin (12/4/2021). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Lembaga Surabaya Survey Centre (SSC) merilis hasil survei terbaru, di antaranya memotret nama tokoh favorit millenial untuk Pilgub Jatim 2024.

Hasilnya, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Mensos Tri Rismaharini dan Wagub Emil Dardak berada di urutan tiga teratas.

Secara presentase, nama Khofifah masih tinggi dengan angka 16,2 persen. Kemudian disusul nama Risma, diurutan kedua dengan 15,5 persen. Lalu, diurutan ketiga nama Emil Dardak dengan angka 5,2 persen. Ketiganya, berada diurutan atas untuk top of mind Gubernur Jatim pilihan millenial.

Di bawah mereka muncul nama-nama seperti Syaifullah Yusuf (Gus Ipul), Puti Guntur Soekarno, Azwar Anas, Thoriqul Haq hingga Kusnadi. Serta masih ada beberapa tokoh lain.

"Nama-nama lain seperti Gus Ipul dan Mbak Puti serta Azwar Anas perolehannya tidak sampai 5 persen," kata peneliti senior SSC Surokim Abdussalam, dalam rilis hasil survei SSC bertajuk 'Gelagat Politik Millenial Jawa Timur', Senin (12/4/2021).

Hasil penelitian SSC ini, merupakan penelitian yang dilaksanakan dari tanggal 5-25 Maret 2021 yang dilakukan di 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur.

Penelitian melibatkan 1070 responden dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih tiga persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Penentuan responden dari kalangan millenial dalam setiap KK dilakukan dengan bantuan kish grid.

Sementara dari sisi elektabilitas, nama Khofifah juga masih mendominasi dengan presentase 26,8 persen. Lalu, diikuti Risma diurutan kedua dengan 21,8 persen. Kemudian, nama Emil Dardak berada diurutan ketiga dengan 5.8 persen.

"Nama-nama lain seperti Gus Ipul, Mbak Puti, hingga Azwar Anas perolehannya tidak sampai 5 persen,” ungkap Surokim.

Dekan FISIB Universitas Trunojoyo Madura ini mengungkapkan, ceruk dikalangan millenial masih sangat terbuka lebar bagi seluruh nama yang beredar di bursa calon Gubernur mendatang.

Di survei top of mind misalnya, masih ada 55,3 persen yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab. Sedangkan untuk survey elektabilitas, sebanyak 33.8 persen masih menjawab tidak tahu atau tidak menjawab.

"Dengan jumlah sebanyak ini, yang bisa merangkul mereka, bisa menyalip di tikungan akhir, mengingat jumlah demografi millenial di Jawa Timur," ujarnya.

Penulis: Yusron Naufal Putra
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved