Breaking News:

Berita Tuban

Pemkab Tuban Minta BBWS Percepat Pembangunan 3 Proyek PSN ini

Pemkab Tuban meminta adanya percepatan pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) di bawah kewenangan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS).

foto: humas pemkab tuban
Pemkab Tuban bersama BBWS menggelar rakor proyek strategis nasional (PSN).  

SURYA.co.id | TUBAN - Pemkab Tuban meminta adanya percepatan pembangunan penunjang kegiatan Proyek Strategis Nasional (PSN) di bawah kewenangan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo.

Sejumlah PSN dimaksud yaitu penyelesaian Jabung Ring Dyke (JRD) yang akan digunakan untuk menampung air dari sejumlah sungai dan aliran Bengawan Solo, lalu Pengendalian Banjir Sungai Bengawan Solo Hilir (avour kuwu), dan Pembangunan Waduk Jadi.

Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein mengatakan, telah dilaksanakan rakor Percepatan Pembangunan Jabung Ring Dyke, Avour Kuwu, dan Waduk Jadi belum lama ini. 

Pembangunan JRD sangat dibutuhkan masyarakat, utamanya yang tinggal di tepian sungai Bengawan Solo yang kerap terdampak banjir. 

"Kita sudah lakukan rakor, untuk pembangunan PSN yang di bawah kewenangan BBWS," ujarnya, Minggu (11/4/2021) 

Wabup dua periode itu menjelaskan, banjir di bantaran Bengawan Solo menyebabkan kerugian dan kerusakan infrastruktur.

Biasanya dipicu faktor curah hujan yang tinggi dan pengaturan buka tutup pintu air di daerah hulu Sungai Bengawan Solo. Sehingga jabung ring dyke sangat diperlukan. 

Kemudian tak kalah penting keberadaan Waduk Jadi di Kecamatan Semanding diperlukan, agar tidak terjadi banjir kiriman ke kecamatan Tuban, Semanding dan Merakurak.

Selain ketiga proyek tersebut, Wabup menekankan agar BBWS Bengawan Solo dan pihak terkait memperhatikan kondisi Kali Kening yang melintasi sejumlah kecamatan Tuban.

"Ketiga PSN dan Kali Kening sangat penting dalam rangka mengantisipasi terjadi banjir, kita minta BBWS agar memperhatikan ini," pungkasnya. 

Halaman
12
Penulis: M. Sudarsono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved