Breaking News:

Berita Surabaya

Asalkan Sesuai Tiga Parameter, PKB Mungkin Jagokan Khofifah pada Pemilihan Gubernur 2024

Halim yang juga Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi itu mengatakan ketiga hal itu penting diperhatikan

SURYA.CO.ID/Fatimatuz Zahro
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - PKB Jawa Timur membuka peluang untuk mengusung Khofifah Indar Parawansa untuk kembali mencalonkan diri pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2024 mendatang. PKB melihat beberapa tolak ukur yang menjadi peluang untuk mengusung nama Khofifah.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Ketua DPW PKB Jawa Timur, Abdul Halim Iskandar saat menghadiri Muswil DPW Perempuan Bangsa Jawa Timur, Minggu (11/4/2021). Ada tiga hal yang dilihat oleh PKB terkait kinerja gubernur perempuan pertama di Jawa Timur tersebut.

"Apakah arah kebijakannya sesuai atau tidak dengan arah kebijakan yang diperjuangkan oleh PKB. Tentu bagi PKB, tiga hal yang paling penting yaitu kemiskinan, kesehatan, pendidikan," kata Halim dalam acara yang berlangsung di Surabaya itu.

Halim yang juga Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi itu mengatakan ketiga hal itu penting diperhatikan. Tidak bisa dipilih mana yang prioritas. Sebab ketiganya harus mendapat perhatian besar. Harus sama-sama didahulukan. "Tiga-tiganya harus menjadi prioritas," ungkapnya.

Untuk diketahui, pada Pilgub 2018 lalu PKB memang tidak mengusung Khofifah yang saat itu menjadi kontestan. PKB saat itu mengusung pasangan calon Gus Ipul-Puti. Namun nampaknya untuk Pilgub Jatim 2024, PKB membuka peluang untuk mengusung Khofifah.

Semua akan bergantung pada konstelasi politik yang ada. "Kalau kinerja gubenur hari ini memang sesuai betul dengan arah yang diperjuangkan oleh PKB dan kemudian menunjukkan hasil yang bagus. Jadi tidak menutup kemungkinan, kita akan usung (Khofifah) Gubernur Jawa Timur sebagai calon PKB," jelas Halim.

"Tetapi ketika arah perjuangannya, arah kebijakannya tidak berpihak pada tiga hal itu, tentu kita akan evaluasi dan tentu kita akan diskusikan lebih lanjut," tambahnya.

Lebih lanjut Halim mengungkapkan, jika pihaknya menang menargetkan dapat meraih kemenangan mutlak pada Pemilu mendatang. Mulai Pileg, Pilkada hingga Pilpres PKB. Pada Pileg, PKB menargetkan tak hanya menang suara melainkan juga perolehan kursi. Hal itu dilakukan dengan persiapan yang matang.

"Pemetaan secara jeli termasuk persiapan menuju Pileg 2024, kita akan melakukan pendalaman semaksimal dan sedetail mungkin. Agar perolehan suara kita di Jawa Timur linier dengan perolehan kursi," ujarnya.

Pemetaan dan sebagainya itu akan menerjemahkan seluruh target yang telah ditetapkan. Halim yakin, dengan segala sumber daya yang ada, PKB bisa merealisasikan target kemenangan pada 2024.

"Kalau kita kelola sedemikian rupa, saya yakin di 2024 PKB Jatim akan memegang kendali lagi. Bukan hanya di legislatif, tapi juga di eksekutif," pungkasnya. ****

Penulis: Yusron Naufal Putra
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved