Breaking News:

Berita Banyuwangi

Himpunan OSIS Banyuwangi Gagas Gerakan Pelajar Menulis

Himpunan Musyawarah Osis Kabupaten Banyuwangi menggagas “Gerakan Pelajar Menulis” guna mendorong kreativitas menulis dan membaca di kalangan siswa.

SURYA.CO.ID/Haorrahman
Wakil Bupati Banyuwangi, Sugirah saat meresmikan “Gerakan Pelajar Menulis” yang digagas Himpunan Musyawarah Osis (HIMO) Kabupaten Banyuwangi di hutan wisata de Djawatan, Kecamatan Cluring, Sabtu (10/4/2021). 

SURYA.CO.ID, BANYUWANGI - Himpunan Musyawarah Osis (HIMO) Kabupaten Banyuwangi menggagas “Gerakan Pelajar Menulis” guna mendorong kreativitas menulis dan membaca di kalangan siswa.

Gerakan tersebut diresmikan Wakil Bupati Banyuwangi, Sugirah di hutan wisata de Djawatan, Kecamatan Cluring, Sabtu (10/4/2021).

Sugirah mengatakan, kegiatan ini sangat inspiratif karena menggugah semangat antar pelajar untuk menghidupkan terus budaya membaca dan menulis.

"Pandemi ini jadikan momen bagi para pelajar untuk memingkatkan semangat literasi. Bangkitkan semangat membaca dan menulis, di tengah kita banyak beraktivitas di rumah. Manfaatkan setiap kesempatan yang ada," kata Sugirah.

Menurut Sugirah, salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kualitas karakter, kompetensi dan kesejahteraan hidup seseorang adalah dengan menanamkan budaya literasi yang meliputi membaca, menulis, berpikir, dan berkreasi sejak dini.

"Dengan sering mengkonsumsi membaca serta menulis, maka akan mampu menjadikan diri kita kritis di setiap menerima informasi dan ilmu," ucapnya.

Ia mengungkapkan dengan tulisan, para pelajar nantinya dapat menceritakan dan mempromosikan Banyuwangi melalui bernagai media kepada khalayak umum. Sehingga para pelajar juga dapat berkontribusi dalam mendatangkan wisatawan melalui tuisannya.

“Tulislah yang baik tentang Banyuwangi. Didukung sosial media, bukan tidak mungkin orang tertarik dan terpengaruh datang ke Banyuwangi lewat tulisan kalian," jelas Sugirah.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi, Suratno, mengatakan, kegiatan ini sangat positif sebagai bagian dari upaya meningkatkan sumber daya manusia, khususnya pelajar. Sebanyak 160 pelajar SMA se-Banyuwangi mengikuti pelatihan ini.

“Mereka akan dilatih mendapatkan dasar-dasar penulisan dan jurnalistik. Bisa dibayangkan peserta ini nantinya menjadi penulis-penulis yang berkualitas tentu ini sebagai aset Banyuwangi,” ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved