Breaking News:

Press Release

Program Pembangunan Jamban Sehat Keluarga Kelurahan Sukun dan Tunjungsekar Kota Malang

Sebanyak 60 keluarga di Kelurahan Sukun dan Tunjungsekar, Kota Malang dalam waktu dekat akan memiliki jamban layak sendiri,

Editor: Cak Sur
Istimewa
Program 60 jamban layak keluarga hasil kerja sama Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas (DKK), USAID IUWASH PLUS, dan BKM di bawah pendampingan Pemerintah Kota Malang, Kamis (8/4/2021), di Kelurahan Tunjungsekar, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. 

SURYA.CO.ID, MALANG - Sebanyak 60 keluarga di Kelurahan Sukun dan Tunjungsekar, Kota Malang dalam waktu dekat akan memiliki jamban layak sendiri, yakni jamban tertutup dengan kloset leher angsa berikut septik tank kedap air.

Program ini hasil kerja sama Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas (DKK), USAID IUWASH PLUS, dan BKM di bawah pendampingan Pemerintah Kota Malang.

Program 60 jamban layak keluarga ini diluncurkan, Kamis (8/4/2021), di Kelurahan Tunjungsekar, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

Hadir dalam acara itu Wali Kota Malang Sutiaji, Ketua Yayasan DKK Tomy Trinugroho, Regional Manager IUWASH PLUS Jawa Timur Laksmi Cahyaniwati, Behaviour Change Marketing Associate IUWASH PLUS Ratih Astati Dewi, jajaran pimpinan Bappeda dan Litbangda Pemkot Malang, jajaran pimpinan Dinas Kesehatan Pemkot Malang, jajaran pimpinan Kelurahan Sukun dan Tunjungsekar, Dinas PUPRPKP, Kepala Puskesmas Mojolangu dan Janti, Camat Sukun dan Lowokwaru, Lurah beserta BKM Sukun dan Tunjungsekar.

Pembangunan jamban layak keluarga merupakan bagian dari Program Kemitraan Bina Lingkungan untuk Pembangunan Sanitasi Aman Keluarga.

Program bernilai Rp 240 juta ini didanai oleh donasi pembaca Kompas yang dikelola Yayasan DKK.

Program dijalankan dengan konsep dana bergulir. Pada tahap pertama, terdapat 33 keluarga yang menerima bantuan jamban layak berikut septik tank-nya dengan nilai masing-masing Rp 3 juta.

Setengah dari nilai bantuan yang diterima oleh setiap keluarga berupa dana hibah. Sisanya sebesar Rp 1,5 juta dikembalikan dengan cara dicicil dalam periode tertentu.

Dana yang dikembalikan tersebut selanjutnya akan dipakai untuk mendanai pembangunan jamban layak untuk keluarga lainnya.

Kepala Kelurahan Tunjungsekar, Subhan Effendi bersyukur program ini bisa dijalankan di wilayahnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved