Breaking News:

Berita Lifestyle

Terinspirasi dari Ombak di Lautan, Desainer Ulfa Mumtaza Rancang Busana Ringan Usung Motif Shibori

Kesan ringan dan kasual tampak pada koleksi busana Waves Series rancangan desainer Ulfa Mumtaza.

Istimewa/Koleksi Pribadi
Beberapa busana dari Waves Series rancangan desainer Ulfa Mumtaza. Busana ini terinspirasi dari ombak dan mengusung motif shibori. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Kesan ringan dan kasual tampak pada koleksi busana Waves Series rancangan desainer Ulfa Mumtaza.

Ada berbagai fashion item yang dihadirkan, mulai dari outer, inner, sampai dress. Motifnya sendiri diciptakan melalui teknik ikat shibori.

"Seperti namanya, busana ini terinspirasi dari ombak di laut. Saat dikenakan, ada kesan ringan yang melambai-lambai," kata Ulfa kepada SURYA.CO.ID, Kamis (8/4/2021).

Selain unik, shibori dipilih karena merepresentasikan visual ombak yang tenang.

"Motifnya tidak bisa sama persis satu sama lain. Hasilnya unik dan penuh kejutan. Kadang ekspektasi sama realita yang dihasilkan berbeda. Di sini serunya," kata desainer asal Madiun ini.

Sebagai motif lama, shibori terus mengalami perkembangan. Jika dulu motif ini digunakan untuk home dress, maka kini bisa disulap menjadi kain baju pesta yang bernilai. Apalagi jika ditambah ornamen lain seperti bordir dan bunga tempel.

"Untuk membuatnya, saya terlebih dahulu bikin bajunya. Baru saya petakan motif mau seperti apa dan di mana saja," ia mengatakan.

Menurutnya, tahap paling susah yakni saat mengikat. Jika tidak rapat, maka hasilnya tidak rapi.

"Warnanya bisa masuk ke dalam ikatan, jadi tidak sesuai keinginan," kata Ulfa.

Jika pada gelombang pertama Waves Series terdiri dari satu model warna yakni perpaduan biru dan putih, maka kini ada varian warna lain.

Halaman
12
Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved