Breaking News:

Berita Trenggalek

Pemkab Trenggalek Gagas Kafe Pelayanan Publik, Diluncurkan Sebelum Lebaran

Pemerintah Kabupaten Trenggalek menggagas kafe pelayanan publik pertama di wilayah tersebut, bertempat di Galeri Gemilang, Jalan Panglima Sudirman

SURYA.CO.ID/Aflahul Abidin
Galeri Gemilang yang akan dijadikan kafe layanan publik terintegrasi di Kabupaten Trenggalek. Kafe layanan ini akan diluncurkan sebelum Lebaran 2021. 

SURYA.CO.ID, TRENGGALEK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek menggagas kafe pelayanan publik pertama di wilayah tersebut.

Pada tahap awal, pemkab mengumpulkan setiap pihak mulai dari pemerintahan, BUMN hingga swasta untuk menentukan jenis-jenis pelayanan yang bisa diberikan di satu tempat itu, Kamis (8/4/2021).

Kafe layanan publik pertama yang akan diluncurkan berada di Galeri Gemilang, Jalan Panglima Sudirman, di pusat kota Kabupaten Trenggalek.

“Kami target sebelum Lebaran kafe pelayanan publik pertama kami buka. Selanjutnya secara bertahap, kami buka di 14 kecamatan di tahun ini. Lalu tahun depan di desa-desa,” kata Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin.

Galeri Gemilang merupakan tempat pameran produk-produk UMKM asli Kabupaten Trenggalek. Saat ini, tempat itu juga telah memiliki area kafe dan coworking space.

Dengan demikian, pemkab hanya perlu melakukan beberapa modifikasi sehingga tempat itu dapat dipakai juga untuk melayani warga Trenggalek yang ingin mengurus berbagai hal.

“Mengapa kafe? Karena di sini ada produk-produk UMKM. Karena harapannya selain bisa melayani warga, kami juga ingin membantu pemulihan para pelaku UMKM di Trenggalek,” sambungnya.

Dalam rencana itu, pemkab juga merancang sistem pelayanan satu pintu secara dalam jaringan (daring) lewat satu situs.

Selain dapat mengurus berbagai hal secara langsung di kafe, warga juga akan disediakan laman khusus untuk mengurus semua jenis layanan di Kabupaten Trenggalek. Mulai dari, layanan kependudukan hingga berbagai perizinan.

“Yang penting sebenarnya dari rencana ini adalah menghasilkan dua hal. Yakni integrasi pelayanan dan digitalisasi pelayanan,” sambung pria yang akrab disapa Mas Ipin itu.

Pemkab berharap, kafe dan website pelayanan publik ini akan memudahkan warga Kabupaten Trenggalek.

Sehingga, mereka tak perlu lagi direpotkan untuk mondar-mandir ke dinas atau instansi yang berbeda-beda dalam mengurus layanan di Kabupaten Trenggalek.

“Dengan akses online, perizinan bisa dilakukan di manapun. Dan yang nanti butuh atensi, kami siapkan tempat di sini. Dengan perangkat seperti komputer dan sebagainya yang akan kami siapkan juga di kafe pelayanan publik ini,” pungkasnya.

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved