Breaking News:

Berita Nganjuk

Dispendukcapil Kabupaten Nganjuk kini Buka Layanan Online untuk 16 Jenis Adminduk

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Nganjuk mulai buka layanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) berbasis online.

Foto: humas pemkab nganjuk
Sosialisasi layanan Adminduk secara online di kantor Desa Sidoharjo Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk. 

SURYA.CO.ID | NGANJUK - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Nganjuk mulai berikan layanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) berbasis online.

Setidaknya ada 16 jenis layanan Adminduk yang kini bisa dilayanai secara online melalui aplikasi Sedudo (Sistem Elektronik Terpadu Desa Online).

Plt Kepala Dispendukcapil Kabupaten Nganjuk, Slamet Basuki mengatakan, dengan mulai dilakukanya pelayanan melalui aplikasi Sedudo diharapkan warga tidak harus datang ke kantor Dispendukcapil dalam pengurusan Adminduk.

Melainkan warga untuk saat ini bisa ke Kantor Kecamatan tempat domisilinya.

"Ini merupakan salah satu terobosan Dispendukcapil dalam memberikan pelayanan lebih efektif dan efisien serta cepat kepada warga berbasis teknologi informasi," kata Slamet Basuki, Kamis ( 8/4/2021).

Disamping itu, dijelaskan Slamet Basuki, layanan Adminduk secara online dari Dispendukcapi tersebut kini juga dilakukan secara terintegrasi.

Yakni satu pengurusan Adminduk sudah otomatis masuk dalam pengurusan paket Adminduk terkait lainya.

Seperti paket layanan Adminduk Perkawinan maka akan langsung masuk pada paket layanan Akta Perkawinan, Kartu Keluarga baru,

KK membentuk rumah tangga baru, KK pengurangan anggota keluarga, KK pembetulan akibat perubahan elemen data, dan Surat Keterangan Pindah Keluar Kabupaten.

Demikian juga untuk paket Perceraian maka akan diikuti layanan adminduk Akta Perceraian, Akta Perkawinan, KK baru, KK pembetulan akibat perubahan elemen data.

Untuk Paket Kelahiran akan diikuti layanan adminduk KK perubahan penambahan anggota keluarga.

"Termasuk Paket layanan Akta Kematian maka akan sekaligus diberikan layanan KK perubahan pengurangan anggota keluarga," ucap Slamet Basuki.

Diakui Slamet Basuki, penyediaan layanan Adminduk secara online tersebut saat ini memang masih terus dilakukan penyempurnaan dan pengembangan secara bertahap.

Diharapkan nantinya layanan Adminduk secara online bisa dimanfaatkan warga tidak hanya dari Kecamatan, melainkan bisa di seluruh kantor Desa yang dekat dengan domisili warga.

"Itu semua kami lakukan sebagai upaya Dispendukcapil memberikan layanan maksimal kepada warga Kabupaten Nganjuk," tutur Slamet Basuki.

Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved