Breaking News:

Berita Surabaya

Antrean Jamaah Haji di Jatim Capai 1,5 Juta Orang, Kemenag Tunggu Instruksi Kerajaan Arab Saudi

Di Jawa Timur antrean haji merupakan antrean terpanjang di Indonesia. Yaitu mencapai 1,5 juta orang per 6 April 2021.

SURYA.CO.ID/Sulvi Sofiana
Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji & Umrah Kanwil Kemenag Jawa Timur, M Nurul Huda. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Ditundanya ibadah haji sejak pandemi Covid-19 membuat antrean haji mencapai sekitar 1,5 juta orang di Jawa Timur.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji & Umrah Kanwil Kemenag Jawa Timur, M Nurul Huda mengungkapkan, di Jawa Timur antrean haji merupakan antrean terpanjang di Indonesia.

Yaitu mencapai 1,5 juta orang per 6 April 2021. Sementara antrean umrah sekitar 600.000 orang.

"Daftar (haji) hari ini akan masuk 31 tahun lagi. Karena animo masyarakat tinggi, sejalan dengan ekonomi masyarakat tinggi," urainya dalam Gathering Visa Provider dan Konsorsium Turki PT Cahaya Anugrah Al Mawaddah, Kamis (8/4/2021).

Meskipun antrean panjang, pihaknya mengaku masih menunggu putusan Kerajaan Saudi Arabia untuk membuka kembali ibadah haji.

"Apapun yang terjadi, kanwil penerima regulasi. Pada prinsipnya kami selalu menyiapkan semua," lanjutnya.

Persiapan, mulai dari menyiapkan segala dokumen yang diperlukan hingga memberikan suntikan vaksin Covid-19 kepada seluruh jemaah calon haji yang dijadwalkan akan berangkat.

Persiapan keberangkatan haji dalam masa pandemi juga disiapkan Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Surabaya.

Acub Zainal, Plt Kepala KKP Kelas 1 Surabaya mengungkapkan untuk mempersiapkan pemberangkatan haji sistemnya hampir sama dengan sebelum pandemi.

Hanya saja, jika memang ada pemberangkatan haji, maka lokasi karantina jemaah harus di hotel yang telah mendapat asesmen KKP Kelas 1 Surabaya.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved