Breaking News:

Berita Surabaya

Surabaya Dapat Bantuan 126 Bus Baru dari Pusat, Pemkot Rekrut Ratusan Sopir

Untuk rencana jangka panjang, angkot di Surabaya akan dikurangi. Sebab, ke depan jalan utama tak lagi ada angkot, melainkan dengan bus.

SURYA.CO.ID/Wiwit Purwanto
Ilustrasi - Suroboyo Bus 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mendapat bantuan tambahan 126 Bus baru dari Pemerintah Pusat. Pemkot pun ancang-ancang merekrut sejumlah sopir dan awak bus baru.

"Ada 126 Bus dari Pemerintah Pusat yang diberikan kepada pemerintah kota. Artinya, kami harus menyediakan sopir dan kernet," kata Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi ketika dikonfirmasi di Surabaya, Rabu (7/4/2021).

Berdasarkan hitungan, jumlah sopir dan awak bus yang dibutuhkan untuk tiap armada berjumlah dua orang. Selain itu, pemkot rencananya akan menyiapkan untuk dua sift.

"Jadi kalau ditotal, kami (pemkot) butuh sekitar 500 orang untuk mengoperasikan bus ini. Ini yang sedang kami siapkan," kata Cak Eri.

Rencananya, Pemkot Surabaya akan merekrut sopir dari sejumlah angkot. Diharapkan, kesejahteraan para sopir pun bisa meningkat.

"Sehingga, teman-teman sopir bisa kami tarik ke sana," katanya.

Tak hanya menjamin kesejahteraan sopir, dengan semakin banyaknya armada Suroboyo Bus maka transportasi di Surabaya semakin nyaman. Juga semakin banyak rute yang dijangkau.

"Untuk rencana jangka panjang, angkot mulai kami kurangi. Sebab, ke depan jalan utama tak lagi ada angkot, melainkan dengan bus," kata Cak Eri.

Angkot akan digunakan sebagai kendaraan pengumpan yang melayani rute dari kampung atau perumahan ke jalur protokol.

"Tapi, jangan sampai ketika jadi feeder, pendapatan teman sopir jadi kurang," tegas Cak Eri.

Halaman
123
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved