Breaking News:

Berita Sidoarjo

Pemkab Sidoarjo Dorong Karang Werda Berperan Tingkatkan Aktivitas Lansia

Wabup Subandi di sela acara peningkatan ketrampilan kader Lansia yang digelar oleh Dinas Kesehatan Sidoarjo, Rabu (7/4/2021)

surya.co.id/m taufik
Wabup Subandi di sela acara peningkatan ketrampilan kader Lansia yang digelar oleh Dinas Kesehatan Sidoarjo, Rabu (7/4/2021). 

SURYA.co.id |SIDOARJO – Keberadaan karang werda harus digalakkan.

Pemerintah juga terus mendorong karang werda agar perannya semakin aktif untuk membantu aktivitas para lansia di Kabupaten Sidoarjo.

Karang werda diharapkan terus menjadi ruang atau tempat untuk berkumpul para lansia, saling mengisi dan memberi bagi para Lansia.

“Melalui karang werda akan mampu mendorong dan meningkatkan aktivitas Lansia,” kata Wakil Bupati Sidoarjo Subandi, di sela kegiatan peningkatan ketrampilan kader Lansia yang digelar oleh Dinas Kesehatan Sidoarjo, Rabu (7/4/2021).

Subandi yang juga menjabat sebagai Ketua Komda Lansia (Komisi Daerah Lanjut Usia) mengatakan, perkembangan usia harapan hidup di Sidoarjo menunjukkan kemajuan yang sangat positif. Dibuktikan pertambahan penduduk Lansia cukup tinggi. Beberapa tahun meningkat.

"Seiring dengan perkembangan usia harapan hidup, maka jumlah pertambahan penduduk lanjut usia juga menunjukkan angka yang cukup tinggi," ucapnya.

Data lansia di Sidoarjo terbilang cukup tinggi. Warga Sidoarjo yang berusia di atas 60 tahun terhitung sebanyak 239.033 jiwa. Sedangkan yang masuk kategori pra lansia, usia 45 tahun sampai 55 tahun, jumlahnya mencapai 402.819 jiwa.

“Jadi total keseluruhannya mencapai 641.352 jiwa. Jumlah tersebut merupakan pangsa binaan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo yang dimotori oleh Komda Lansia Sidoarjo," lanjutnya.

Dalam kesempatan ini, Subandi terus menekankan pentingnya keberadaan karang werda. Diharapakan karang werda benar-benar bermanfaat sebagai ruang atau tempat untuk berkumpul, saling mengisi dan memberi bagi para Lansia.

"Wahana karang werda akan mampu mendorong dan meningkatkan aktivitas lansia sehingga semakin mampu untuk mengembangkan diri dalam melaksanakan fungsi sosial secara umum," lanjutnya. .

Para kader lansia yang ikut dalam kegiatan ini diharapkan bisa benar-benar maksimal. Bisa merubah prilaku Lansia dari kuratif rehabilatif ke promotif preventif. Sehingga usia harapan hidup akan meningkat serta menghambat ketuaan dan kepikunan untuk menjadi Lansia lebih sehat.

Kegiatan peningkatan ketrampilan kader Lansia itu sendiri sengaja digelar untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi Lansia. Sejumlah nara sumber juga dihadirkan dalam kegiatan ini.

“Para peserta juga mendapat materis seputar metode preventif maupun kuratif, serta bagaimana mendeteksi Lansia resiko tinggi,” kata Kepala Dinas Kesehatan Sidoarjo Syaf Satriawarman.

Penulis: M Taufik
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved