Breaking News:

Advertorial

Hari Kesehatan Dunia, Kota Mojokerto Raih Penghargaan ODF di Masa Pandemi

Wali kota yang akrab disapa Ning Ita ini menjelaskan bahwa untuk menciptakan masyarakat yang sehat salah waktunya adalah dengan ODF.

Foto Istimewa Humas Pemkab Mojokerto
Wali kota Mojokerto Ika Puspitasari kembali menerima penghargaan atas keberhasilan tersebut dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Grahadi. 

SURYA.CO.ID, MOJOKERTO - Salah satu keberhasilan Pemerintah Kota Mojokerto dalam bidang kesehatan masyarakat adalah berhasil menyelesaikan masalah Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

Hal ini dibuktikan dengan diterimanya sertifikat Open Defication Free (ODF) sejak tahun lalu berdasarkan hasil verifikasi Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.

Pada Selasa (6/4/2021) malam, Wali kota Mojokerto Ika Puspitasari kembali menerima penghargaan atas keberhasilan tersebut dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Grahadi.
Momentum ini bersamaan dengan peringatan Hari Kesehatan International yang pada tahun ini bertema Membangun Dunia yang Lebih Adil dan Lebih Sehat.

Dalam pengarahan Khofifah menyampaikan bahwa saat ini masih banyak yang belum menggunakan MCK berbasis Rumah Tangga, untuk itu beliau menyampaikan terimakasih kepada kepala daerah yang telah berhasil untuk medorong Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

"Kepada Bupati/Wali kota agar format PHBS harus dibangun pada Sanitasi Berbasis Total Berbasis Masyarakat (STBM)," tegasnya.

Wali kota yang akrab disapa Ning Ita ini menjelaskan bahwa untuk menciptakan masyarakat yang sehat salah waktunya adalah dengan ODF.

Dan untuk mencapai Kota Mojokerto yang ODF sudah dilakukan dengan beberapa program.

Di antaranya edukasi akan pentingnya jamban sehat melalui kader motivator.

"Membangun sanitasi masyarakat (Sanimas) dan membangun IPAL Komunal di pemukiman padat penduduk," jelasnya.

Selain itu untuk meningkatkan derajat kesehatan warganya, Pemkot juga memiliki program Bedah Rumah Swadaya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved