Breaking News:

Berita Bangkalan

Operasi Pekat Panen Tangkapan, Polres Bangkalan Tingkatkan Razia Sajam Jelang Pilkades Serentak

Bangkalan akan menggelar pesta demokrasi pilkades serentak, dan kegiatan razia terutama sajam tetap kami laksanakan kendati Operasi Pekat berakhir

surya/ahmad faisol
Kapolres Bangkalan, AKBP Didik Hariyanto menggelar Konferensi Pers Hasil Ungkap Kasus Operasi Pekat selama 22 Maret-2 April 2021 di Polres Bangkalan, Selasa (6/4/2021) 

SURYA.CO.ID, BANGKALAN – Pelaksanaan Pemilikan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Bangkalan pada 2 Mei mendatang, memaksa pihak kepolisian meningkatkan kewaspadaan. Salah satunya dengan menggencarkan gelar razia kepemilikan senjata tajam (sajam) sebagai upaya menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Peningkatan intensitas razia di tengah masyarakat itu, justru dilakukan meski Polres Bangkalan panen tangkapan selama pelaksanaan Penyakit Masyarakat (Pekat) pada 22 Maret-2 April 2021 lalu.

”Bangkalan akan menggelar pesta demokrasi berupa pilkades serentak, dan kegiatan razia terutama sajam tetap kami laksanakan kendati Operasi Pekat telah berakhir. Dengan harapan, pelaksanaan pilkades berjalan lancar,” ungkap Kapolres Bangkalan, AKBP Didik Hariyanto saat Konferensi Pers hasil ungkap kasus Operasi Pekat di Polres Bangkalan, Selasa (6/4/2021).

Sekedar diketahui, pelaksanaan pilkades serentak tahap pertama di 120 desa di 18 kecamatan saat ini tengah menapaki tahapan pemutakhiran dan validasi daftar pemilih (coklit/pencacahan). Tahapan ini akan berlasung pada 7-9 April 2021.

Pengumungan Daftar Pemilih Sementara (DPS) akan dilangsungkan pada 12-14 April 2021. Dilanjutkan pengumuman Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada 16-18 April 2021. Sedangkan tahapan Pemungutan Suara akan dilaksanakan pada 2 Mei 2021.

“Kegiatan kemarin, kami di-backup Brimob Polda Jatim. Kami berharap pelaksanaan pilkades di Bangkalan berjakan lancar,” pungkasnya.

Sementara Kasatreskrim Polres Bangkalan, AKP Sigit Nursyo Dwiyugo mengungkapkan, penanganan dan penindakan terhadap kepemilikan sajam sudah menjadi kewenangan pihak kepolisian.

“Namun karena menjelang pilkades serentak, kami intensifkan kegiatan operasi sajam. Supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak kami inginkan. Sehingga saat berlangsungnya pilkades, akan tercipta situasi yang kondusif,” ungkap Sigit.

Selama Operasi Pekat terhitung 22 Maret-2 April 2021, Polres Bangkalan berhasil mengungkap tujuh kasus premanisme dan empat kasus penyalahgunaan narkoba jenis sabu.

Dalam Operasi Pekat tersebut, Polres Bangkalan berhasil melebihi target yang ditentukan Polda Jatim. Jumlah tersangka kasus premanisme sebanyak 16 orang. Sedangkan tersangka narkoba 10 orang dari 5 kasus yang berhasil diungkap. Satu tersangka kasus minuman keras juga terjaring.

Lima kasus penyalahgunaan narkoba itu merupakan hasil ungkap Satreskoba Polres Bangkalan sebanyak 3 kasus dan 2 kasus hasil ungkap polsek. Total barang bukti yang disita 25,98 gram sabu.

“Ada juga pengungkapan kasus curanmor di Jalan Mayjen Sungkono, ada beberapa TKP lain dan saat ini tengah kami dalami,” pungkas Sigit. ***

Penulis: Ahmad Faisol
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved