Breaking News:

Mulai April 2021, PPDB SMA/SMK, SMP di Jatim Bisa Mulai Memasukkan Nilai Siswa

Pemasukkan nilai rapor oleh kepala sekolah SMP/Mts dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK Negeri mulai dibuka pada 5 April 2021

SURYA.CO.ID/Fatimatuz Zahro
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Wahid Wahyudi. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Pemasukkan nilai rapor oleh kepala sekolah SMP/Mts dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK Negeri mulai dibuka pada 5 April hingga 10 April 2021 mendatang.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (UPT-TIKP) Dinas Pendidikan Jatim, Alfian Majdie mengungkapkan, sejak PPDB tahun 2020 di Jawa Timur, sekolah asal diwajibkan melakukan pengisian nilai rapor.

"Kepala sekolah atau yang ditugasi kepala sekolah pada SMP/Sederajat harus memasukkan nilai rapor siswanya dari semester satu hingga semester lima di laman rapor.ppdbatim.net," urainya, Selasa (6/4/2021).

Ia mengungkapkan, nilai pelajaran yang harus dimasukkan hanya kompetensi pengetahuan (KI3) pada tujuh mata pelajaran. Yaitu mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (Mts/SMPK nilai rata rata agama), Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam,Ilmu Pengetahuan Sosial dan Bahasa Inggris.

Selain itu, Alfian juga menyoroti sejumlah permasalahan pemasukkan nilai pada PPDB tahun 2020.

"Tahun lalu ada sekolah swasta yang tidak mau memasukkan nilai siswanya. Harapannya, tahun ini lembaga swasta tolong beri kesempatan siswanya untuk mendaftar PPDB. Tapi kalau dipersulit, siswa akan diberikan kesempatan untuk entry data sendiri," lanjutnya.

Sehingga, siswa tinggal mengunggah rapor dan Dindik Jatim akan melakukan verifikasi.

Setelah pengisian rapor oleh sekolah asal, calon peserta didik baru akan memverifikasi nilai rapor secara online pada 12 hingga 14 April 2021 melalui ppdbjatim.net. Sehingga bisa mengoreksi nilai rapor yang diunggah sekolah.

Kemudian pembetulan nilai rapor, jika ada kesalahan entry data bisa dilakukan pada tanggal 12 hingga 17 2021April di laman rapor.ppdbjatim.net.

Sementara itu, Sosialisasi PPDB Jatim tahun 2021 telah mulai dilakukan Dindik Jatim sejak Senin (6/4/2021), hingga Mei 2021 mendatang.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved