Breaking News:

Berita Jember

Jumlah Guru Masih Kurang, Pemkab Jember Malah Usulkan Formasi 728 CPNS untuk Tenaga Kesehatan Semua

Ada 3.774 formasi tenaga pendidik yang dibutuhkan di Kabupaten Jember. Jumlah guru itu dibutuhkan untuk SD dan SMP.

Surabaya.Tribunnews.com/Sri Wahyunik
Peserta tes CPNS di Kabupaten Jember 

SURYA.CO.ID, JEMBER - Kebutuhan tenaga pendidik di Jember memang masih sangat kurang sejak 2020 lalu. Tetapi ternyata Pemkab Jember lebih memilih mengusulkan mengusulkan 728 formasi CPNS untuk tenaga kesehatan (nakes) untuk rekrutmen CPNS tahun 2021.

Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pemkab Jember Sukowinarno mengatakan, ke-728 formasi yang diusulkan itu memang hanya tenaga kesehatan (nakes). Jadi tak ada satu pun formasi untuk tenaga guru.

"Semuanya untuk sektor kesehatan, artinya seluruh formasi untuk tenaga kesehatan. Seperti dokter, perawat, analis, dan sebagainya. Tenaga kesehatan semua," tegas Suko, Selasa (6/4/2021).

Menurutnya, usulan formasi CPNS itu diusulkan sejak 2020. Namun belum ada jawaban berapa kuota untuk Jember dalam rencana rekrutmen CPNS tahun 2021 oleh pemerintah pusat.

Sementara untuk tenaga pendidik, kata Suko, pihaknya tidak mengusulkan melalui formasi CPNS. Rekrutmen tenaga pendidik dilakukan melalui sistem Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). "Untuk tenaga pendidik, kami ajukan melalui mekanisme PPPK ke pemerintah pusat juga," imbuhnya.

Ada 3.774 formasi tenaga pendidik yang dibutuhkan di Kabupaten Jember. Jumlah guru itu dibutuhkan untuk lembaga SD dan SMP di Jember.

"Sebenarnya kebutuhan tenaga pendidik SD dan SMP di Jember ada lima ribuan orang. Namun kami masih ajukan 3.774 formasi. Kami akui memang kebutuhan tenaga pendidik masih kurang," imbuh mantan Sekretaris Dinas Pendidikan Jember ini.

Pihak BKPSDM masih menunggu informasi lebih lanjut terkait rencana rekruitmen CPNS dan PPPK dari pemerintah pusat, terutama untuk kuota yang diberikan ke masing-masing daerah di Indonesia. ****

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved