Breaking News:

Berita Bangkalan

Buka Aksi Bela Negara di Bangkalan, Waaster Panglima TNI Sebut Salah Satunya Melawan Covid-19

pemerintah maupun masyarakat sedang berusaha melawan dan mengatasi pandemi Covid-19 yang telah berdampak luas

surya/ahmad faisol
Wakil Asisten Teritorial Panglima TNI, Brigjen TNI (Mar) Agus Sulistyo (kedua dari kiri) didampingi Dandim 0829, Letkol Kav Ari Setyawan Wibowo (kiri) bersama Bupati Bangkalan, RK Abdul Latif Amin Imron, serta Kapolres Bangkalan, AKBP Didik Hariyanto meninggalkan Gedung Manunggal usai pembukaan gelar Aksi Bela Negara di Markas Kodim 0829 Bangkalan, Selasa (6/4/2021). 

SURYA.CO.ID, BANGKALAN – Merajut Perbedaan, Memperkokoh Persatuan, Melawan Covid-19, dan Perkuat Sistem Pertahanan dan Keamanan (Sishankam) menjadi tema dalam ‘Aksi Bela Negara’ yang digelar Gedung Manunggal Markas Kodim 0829 Bangkalan, Selasa (6/4/2021).

Wakil Asisten Teritorial (Waaster) Panglima TNI, Brigjen (Mar) TNI Agus Sulistyo berkesempatan menghadiri sekaligus membuka gelar ‘Aksi Bela Negara’ yang dihadiri puluhan peserta dari berbagai komponen.

“Melalui kegiatan ini, mari kita satukan tekad dan semangat untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa dalam menghadapi pandemi Covid-19, serta dalam rangka meningkatkan sistem ketahanan rakyat semesta,” ungkap Agus.

Berbagai komponen hadir dalam kegiatan itu, di antaranya Himpunan Putra-putri Angkatan Darat (HIPAKAD), Forum Komunikasi Putra-putri Purnawirawan dan ABRI (FKPPI), Persatuan Purnwirawan TNI-AD (PPAD), Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB).

Juga kalangan Nahdlatul Ulama, mahasiswa, tokoh masyarakat, RSUD Syamrabu, Dinas Perhubungan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Satpol PP, Babinsa jajaran Kodim 0829, dan sejumlah anggota Polres Bangkalan.

Agus mengajak seluruh komponen menyikapi kondisi bangsa saat ini. Karena pemerintah maupun masyarakat sedang berusaha melawan dan mengatasi pandemi Covid-19 yang telah berdampak luas pada seluruh sendi kehidupan masyarakat.

“Mari kita bersama melaksanakan berbagai langkah yang inovatif serta menkonsolidasikan seluruh potensi dan sumber daya di wilayah ini. Untuk memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar dalam rangka menghadapi dan mengatasi wabah Covid-19,” harapnya.

Aksi bela negara merupakan bagian metode dari pembinaan teritorial yang juga bertujuan memelihara silaturahim TNI dengan seluruh komponen bangsa. Khususnya yang ada di wilayah Kodim 0829 Bangkalan, serta untuk meningkatkan sinergitas dalam mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh dalam rangka ketahanan nasional.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 34 Tahun 2004, TNI mempunyai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) menegakkan kedaulatan negara dan mempertahankan keutuhan wilayah NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 45. Serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan terhadap keutuhan bangsa dan negara

Agus memaparkan, tupoksi tersebut dilaksanakan melaluli Operasi Militer Perang dan Operasi Militer Selain Perang. Khusus pada Ooperasi Milliter Selain Perang terdapat satu tugas khusus yaitu membantu tugas-tugas pemerintah di daerah dalam rangka menciptakan stabilitas nasional.

Halaman
123
Penulis: Ahmad Faisol
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved