Breaking News:

Berita Banyuwangi

Banyuwangi Gandeng PTPN XII, Pulihkan Ekonomi Warga Perkebunan dan UMKM Cokelat

Upaya Pemkab Banyuwangi mendorong pemulihan ekonomi daerah dari dampak pandemi Covid-19 terus dilakukan.

Penulis: Haorrahman | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Haorrahman
Direktur Utama PTPN XII, Siwi Peni bersama Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani saat Festival Doesoen Kakao. 

SURYA.CO.ID, BANYUWANGI - Upaya Pemkab Banyuwangi mendorong pemulihan ekonomi daerah dari dampak pandemi Covid-19 terus dilakukan.

Kali ini, fokus sasaran ditujukan ke warga sekitar perkebunan dan UMKM olahan cokelat. Pemkab Banyuwangi pun memperkuat kolaborasi denngan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII.

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani mengatakan, kolaborasi dengan PTPN XII dilakukan untuk mendorong pemberdayaan warga sekitar perkebunan dan UMKM olahan cokelat sebagai mitra dari PTPN XII dalam mengembangkan komoditas tersebut di Banyuwangi.

”Warga yang mengelola perkebunan rakyat harus terus diberdayakan. Juga UMKM-UMKM olahan cokelat. Pemulihan ekonomi jika kita kerjakan bareng-bareng pasti lebih mudah dan cepat. PTPN XII sebagai bagian dari keluarga besar BUMN saya yakin bisa menjadi bagian penting dalam pemulihan ekonomi Banyuwangi," kata Ipuk, Selasa (6/4/2021).

Ipuk telah bertemu dengan Direktur Utama PTPN XII, Siwi Peni dalam Festival Doesoen Kakao yang digelar akhir pekan lalu.

Doesoen Kakao merupakan destinasi ”Rumah Coklat” yang berada di Perkebunan Kendeng Lembu, Glenmore, Banyuwangi.

Banyuwangi sendiri telah dikenal lama sebagai salah satu penghasil cokelat terbaik dunia dan Perkebunan Kendeng Lembu adalah salah satu penghasil cokelat unggulan.

Kakao dari Banyuwangi, sebagai bahan baku cokelat, telah rutin dikirim ke sejumlah negara, mulai dari Jepang, Jerman, Perancis, Italia, Amerika Serikat, Malaysia, Singapura dan negara lainnya.

Selama ini, cokelat Banyuwangi lebih banyak dikirim untuk memenuhi kebutuhan ekspor.

Kini selain ekspor, bahan baku dari perkebunann di Banyuwangi juga dioptimalkan untuk untuk kebutuhan UMKM olahan cokelat.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved