Breaking News:

Berita Nganjuk

Aplikasi Sedudo Inovasi Layanan Cepat Adminduk Dispendukcapil Kabupaten Nganjuk

Pemkab Nganjuk intensif kenalkan inovasi layanan administrasi kependudukan cepat dan tepat berbasis internet.

surya.co.id/ahmad amru muiz
Plt Kadispendukcapil Kabupaten Nganjuk, Slamet Basuki saat memberikan bimbingan teknis dan pembekalan para operator Adminduk dari Kecamatan. 

SURYA.CO.ID, NGANJUK - Pemkab Nganjuk intensif kenalkan inovasi layanan administrasi kependudukan cepat dan tepat berbasis internet.

Hal itu dilakukan dengan menggunakan aplikasi berbasis internet Sistem Elektronik Terpadu Desa Online (Sedudo).

Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Nganjuk, Slamet Basuki mengatakan, aplikasi Sedudo merupakan sistem aplikasi  pelayanan adminduk yang tengah dikembangkan Pemkab Nganjuk.

Program tersebut merupakan kolaborasi antara Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Nganjuk.

"Dalam waktu dekat, aplikasi Sedudo akan dapat diakses masyarakat dalam rangka pelayanan adminduk yang lebih mudah dan cepat.

Apalagi sistem tersebut menerapkan mekanisme daring," kata Slamet Basuki dalam pengenalan aplikasi Sedudo di Dispenducapil Kabupaten Nganjuk, Selasa (6/4/2021).

Dikatakan Slamet Basuki, untuk saat ini aplikasi Sedudo masih dalam tahap penyempurnaan.

Sebagai persiapannya, Disdukcapil Kabupaten Nganjuk selaku pengguna aplikasi intensif mengadakan bimbingan teknis (bimtek) dan pembekalan operator terkait pengoperasian aplikasi SEDUDO tersebut.

"Kami berharap mulai sekarang seluruh petugas lebih serius untuk menyelenggarakan adminduk. Karena apa yang dilakukan disini sudah terpantau langsung oleh Kementerian Dalam Negeri melalui aplikasi Sedudo," ucap Slamet Basuki yang juga Kadinas Kominfo Kabupaten Nganjuk tersebut.

Oleh karena itu, ungkap Slamet Basuki, pihaknya mengharapkan mulai pekan depan setelah seluruh operator kecamatan mendapatkan bimtek dan pembekalan maka akan bisa langsung implementasi.

Yakni dengan memberikan pelayanan Adminduk kepada warga dengan menggunakan aplikasi Sedudo.

"Dari pelaksanaan layanan Adminduk menggunakan aplikasi Sedudo dari Kecamatan di seluruh Kabupaten Nganjuk tersebut nanti akan bisa dievaluasi untuk peningkatan layanan secara online tersebut," tutur Slamet Basuki. 

Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved