Breaking News:

Berita Banyuwangi

Ngantor di Desa Nelayan, Bupati Ipuk Optimalkan Potensi Bahari Kawasan Grajagan Banyuwangi

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani menyebutkan bahwa Grajakan memiliki potensi bahari yang baik. Mulai dari hasil lautnya dan panorama alamnya.

SURYA.CO.ID/Haorrahman
Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandanit memanen ikan kerapu hitam yang dibudidayakan di keramba perairan Teluk Grajagan, Kamis (1/4/2021). 

SURYA.CO.ID, BANYUWANGI - Program berkantor di desa yang rutin dijalankan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani kini menyambangi Desa Grajagan, Kecamatan Purwoharjo, sebagai salah satu pelabuhan ikan di Banyuwangi, sekitar 60 menit dari pusat kota.

Di desa tersebut, Bupati Ipuk menggelar rapat untuk pengembangan Pantai Grajagan, meresmikan Gerai Pelayanan Publik Khusus Nelayan, meninjau budidaya ikan di tengah laut hingga menuntaskan permasalahan administrasi kependudukan.

Desa Grajagan selama ini dikenal memiliki potensi sektor perikanan dan kelautan.

”Jadi seharian ini saya di Desa Grajagan. Kami akan optimalkan potensi bahari di sini, baik dari sisi pengembangan perikanannya maupun pariwisatanya,” ujar Ipuk, Kamis (1/4/2021).

Tiba di Desa Grajagan, Ipuk meresmikan Gerai Pelayanan Perijinan Terpadu bagi Nelayan, tempat pelayanan terpadu di mana semua pengurusan dokumen dilakukan di satu tempat. Gerai ini mengintegrasikan pengurusan izin nelayan yang selama ini melibatkan Dinas Perikanan Banyuwangi, Dinas Perikanan dan Kelautan Pemprov Jatim, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III, Kementerian Perikanan dan Kelautan, maupun BPJS Ketenagakerjaan.

"Itikad kami untuk memberi kemudahan bagi nelayan dalam pengurusan dokumen. Ini salah satu bentuk komitmen kami untuk memgembangkan sektor perikanan," ujar Ipuk.

Ipuk kemudian menyeberang ke perairan Teluk Grajagan dengan menumpang perahu nelayan.

Bupati Ipuk meninjau keramba ikan, sekaligus menyerahkan bantuan keramba jaring ikan serta benih ikan. Ipuk juga turut memanen ikan kerapu hitam yang dibudidayakan di sana.

Setelahnya, Ipuk menggelar rapat dengan Perhutani, kelompok masyarakat, dan kelompok sadar wisata (pokdarwis) membahas pengembangan wisata bahari Grajagan.

"Grajagan memiliki potensi bahari yang baik. Mulai dari hasil lautnya dan panorama alamnya. Ini bisa lebih dioptimalkan lagi. Basisnya harus partisipasi warga, agar sustain, agar berkelanjutan. Pemkab Banyuwangi siap memfasilitasi," kata Ipuk.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved