Breaking News:

Berita Gresik

Mudahkan Siswa Kuliah, UMG Kerjasama dengan SMA dan SMK se- Kabupaten Gresik 

Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) membuat memorandum of understanding (MoU) dengan beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) Sederajat.

Foto: umg
Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) membuat memorandum of understanding (MoU) dengan beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) Sederajat di Kabupaten Gresik, Rabu (31/3/2021). 

SURYA.co.id | GRESIK - Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) membuat memorandum of understanding (MoU)  dengan beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) Sederajat di Kabupaten Gresik, Rabu (31/3/2021).

Kegiatan tersebut untuk memudahkan para siswa meneruskan jenjang ke Perguruan Tinggi (PT). 

Rektor UMG, Dr Eko Budi Leksono. ST. MT., mengatakan MoU tersebut sangat penting untuk peningkatan para siswa dalam meneruskan ke  PT, sebab para siswa sudah mengetahui berbagai jurusan dan fakultas di UMG. 

"Saya merasa gembira atas pelaksanaan MoU ini. Inilah peningkatan sumber daya manusia yang berkelanjutan. Sehingga Perguruan Tinggi  mempunyai adik asuh dari masing-masing SMA sederajat di Kabupaten Gresik," kata Dr Eko. 

Lebih lanjut Dr Eko mengatakan, selama ini, pihak UMG sudah bekerja sama dan  sebagai adik asuh dari beberapa  SMK di luar kota  Ada yang di Jember dan  Malang. "Kalau kita sama dalam satu kabupaten, malah akan lebih intens komunikasi,"  imbuhnya. 

Sementara, Kepala SMK Muhammadiyah1 Bungah  Imam Syafi'e, mengatakan, sekarang ini banyak lulusan SMK yang menginginkan masuk bursa kerja, terutama di pabrik dan berwirausaha, sehingga animo untuk meneruskan ke jenjang PT perlu ada pendekatan dari para senior di Universitas. 

Saat ini ada  kebijakan  terbaru yaitu masing masing  SMK harus punya 'kakak asuh' yaitu PT. "Fungsinya sebagai fasilitator, koordinator, pembimbing dan pengawas," imbuhnya. 

Selain itu, juga emudahkan mendapat bea siswa berprestasi, bebas perpustakaan, termasuk dosen pembimbing.

"Beragam kemudaham dan akselerasi jurusan, sehingga lulusan SMK bisa memilih jurusan program studi di UMG secara  pararel," katanya.

Penulis: Sugiyono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved