Breaking News:

Berita Surabaya

Stop Stigmatisasi ke Penyintas Covid-19, Pelindo Marines Gelar Donor Darah di KRST Ksatria Airlangga

Umar mengatakan, Pelindo Marines dan grup usahanya berinisiatif untuk menggelar aksi sosial donor darah dan donor plasma konvalesen

courtesy of Pelindo Marine Service
Dirut Utama Pelindo Marine Service, Umar bersama Komandan Lantamal V, Laksma TNI Mohamad Zaenal, dan Direktur Kapal RS Terapung Ksatria Airlangga, memnatau kegiatan donor darah dan donor plasma konvalesen, Selasa (30/3/2021). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Penurunan stok darah d itengah pandemi Covid-19, rata-rata mencapai 30-50 persen. Hal ini membuat berbagai pihak menggelar kegiatan sosial untuk mengumpulkan stok darah, baik darah biasa maupun plasma konvalesen yang berasal dari para penyintas Covid 19 yang lolos skrinning.

Salah satunya adalah Pelindo Marines bersama beberapa instansi dan masyarakat, yang menggelar aksi sosial Marines Peduli Donor Darah dan Screening Donor Plasma Konvalesen di atas Kapal Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga, di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Selasa (30/3/2021).

Direktur Utama Pelindo Marines, Umar mengatakan, Pelindo Marines dan grup usahanya berinisiatif untuk menggelar aksi sosial donor darah dan donor plasma konvalesen. "Gagasan aksi sosial Mariners Peduli ini disambut baik oleh Yayasan Ksatria Medika Airlangga, Palang Merah Indonesia, dan Lantamal V Surabaya," kata Umar.

Kemudian turut bergabung relawan dari Komunitas Pendonor Plasma Konvalesen dan Relawan Pendamping Keluarga Pasien Covid-19. “Salah satu hal yang luar biasa dari pelaksanaan aksi sosial hari ini, selain solidaritas para relawan pendonor darah dan plasma konvalesen, adalah juga solidaritas berbagai organisasi yang berkolaborasi mendukung agenda donor ini," ungkap Umar.

Kerja sama institusi militer, entitas bisnis, hingga organisasi dan komunitas sosial ini mencerminkan core value BUMN, AKHLAK. Kolaborasi dengan berbagai pihak untuk melaksanakan amanah, sebagai perpanjangan tangan pemerintah dalam membantu masyarakat luas.

"Agar bangsa bisa beradaptasi pada kehidupan new normal dan tetap harmonis melampaui pandemi Covid-19,” jelas Umar.

Pelindo Marines dan grup usaha Pelindo III lainnya telah membentuk Satgas Pengendalian Covid-19 di masing-masing kantor yang bertugas mengendalikan situasi penularan dan penyebaran virus tersebut.

Apabila ada kasus terkonfirmasi Covid-19 maka segera dilakukan tracing, testing, dan treatment (3T). Setiap ada pegawai dan keluarga satu tempat tinggalnya yang positif segera dibantu perawatannya. Untuk yang bergejala diberikan perawatan intensif di RS PHC Surabaya atau RS rujukan Kemenkes lainnya.

Sedangkan untuk yang tidak bergejala difasilitasi perawatan isolasi mandiri yang layak agar sehat dan bisa bekerja bersama kembali. Pekerja penyintas yang kembali bekerja selalu diterima dengan baik oleh seluruh pegawai lainnya tanpa ada pembedaan. "Karena solidaritas dan kolaborasi juga merupakan kunci untuk terwujudnya imunitas bersama," tegas Umar.

Sementara Direktur Kapal Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga, dr Agus Harianto Sp.B mengatakan, di atas RSTS Terapung Airlangga, mereka bersama menggemakan pesan kepada masyarakat luas untuk tidak mengucilkan para penyintas Covid-19.

Halaman
12
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved