Breaking News:

Pemprov Jatim

PT Jatim Grha Utama (JGU) Jadikan Puspa Agro Sentra Industri Pemindangan di Jatim

Usaha PT Jatim Grha Utama (JGU), BUMD Pemprov Jatim, terus dikembangkan. Salah satunya upaya menjadikan JGU sebagai sentra pemindangan di Jatim.

surya.co.id/fatimatuz zahro
Puspa Agro mendistribusikan 200 ton ikan jenis Pacific Mackerel (Scomber Japonicus)  menuju sentra pemindangan tradisional di empat kabupaten di Jatim, Rabu (31/3/2021). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA – Usaha PT Jatim Grha Utama (JGU), yang merupakan BUMD Pemprov Jatim, terus dikembangkan.

Kini sedang dikaji  untuk menjadikan Puspa Agro sentra pemindangan di Jatim. 

Sebagai langkah nyatanya, hari ini, Rabu (31/3/2021), Puspa Agro yang merupakan anak perusahaan PT JGU mendistribusikan 200 ton ikan jenis Pacific Mackerel (Scomber Japonicus) dari kantor Puspa Agro di Jemundo, Taman, Sidoarjo menuju ke tempat pemindang tradisional di empat kabupaten di Jatim. 

Hal ini dilakukan untuk men-support keberlangsungan industri pemindangan yang kerap kesulitan bahan baku karena gangguan cuaca di Jatim. 

Ikan sebanyak 200 ton itu diangkut oleh delapan kontainer, yang masing-masing berisi 25 ton ikan laut. Penyediaan bahan baku pemindangan ini terlaksana atas kerja sama Puspa Agro dengan PT Fishindo Citra Samudra dan PT Artha Tani Mina.

“Jawa Timur selama ini menjadi salah satu sentra industri pemindangan yang banyak melibatkan masyarakat kalangan menengah ke bawah.

Karena itu, kami terpanggil untuk ikut menjaga eksistensi usaha mereka. Apalagi ketika cuaca lagi kurang bagus, seperti angin Barat, sehingga para nelayan kita sulit mendapatkan ikan di laut,” ujar Dirut PT JGU, Mirza Muttaqien. 

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa JGU memang getol mewujudkan kerja sama penyediaan bahan baku pemindangan ini.

Sebab JGU bertekad ingin meneguhkan Jatim sebagai sentra pemindang (Jaspina) di tanah air. 

Dikatakannya, dari delapan kontainer yang diberangkatkan, tiga kontainer di antaranya dikirim ke pelaku pemindang tradisional di Prigi, Trenggalek, tiga kontainer ke Brondong, Lamongan. 

Halaman
123
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved