Breaking News:

Berita Pamekasan

Pakai Batik Pamekasan di Ajang Miss Universe AS, Putri Indonesia Perkuat Kecintaan pada Produk Lokal

Saat ditemui di salah satu Hotel di Pamekasan, Rabu (31/3/2021), Ayuma mengaku selama ini batik Pamekasan sudah terkenal di kancah nasional.

surya/kuswanto ferdian
Puteri Indonesia 2020, RR Ayu Maulida Putri memperagakan batik Pamekasan dari Desa Toket, di salah satu hotel di Pamekasan, Rabu (31/3/2021). 

SURYA.CO.ID, PAMEKASAN - Memperkuat dan mencintai produk lokal sembari memperkenalkan kepada dunia, menjadi misi besar RR Ayu Maulida Putri. Puteri Indonesia 2020 itu secara khusus akan mengenakan busana bercorak batik lokal Pamekasan pada pemilihan Miss Universe di Amerika Serikat (AS) akhir April 2021 nanti.

Batik Pamekasan yang merupakan karya tradisional asal Desa Toket tersebut, merupakan salah satu potensi budaya yang menarik perhatian Ayuma, sapaannya.

Saat ditemui di salah satu Hotel di Pamekasan, Rabu (31/3/2021), Ayuma mengaku selama ini batik Pamekasan sudah terkenal di kancah nasional. Tetapi ia tidak menyangka Jawa Timur dan Pamekasan khususnya, memiliki potensi batik luar biasa, dan kualitasnya tidak kalah dengan batik luar daerah.

"Saya sangat bangga, dan saya hadir ke Pamekasan karena saya sebagai arek Jatim. Jadi ini pulang kampung untuk mensukseskan Jawa Timur," kata Ayuma.

Menurutnya, batik Pamekasan merupakan salah satu kekayaan Indonesia. Ia mengaku memiliki tugas serta tanggung jawab besar dalam melestarikan kekayaan Indonesia. Bahkan batik Pamekasan yang akan ia pakai di ajang Miss Universe itu, bertujuan menginspirasi wanita di Indonesia agar lebih mencintai batik lokal.

"Semoga ke depan tugas saya sebagai Puteri Indonesia mampu melestarikan dan menginspirasi seluruh wanita yang ada di Indonesia," ujar Ayuma.

Ayuma juga akan membawa beberapa suvernir dari Jawa Timur untuk dibagikan kepada puteri-puteri cantik dari 90 negara di dunia. "Selain itu, saya berharap bisa membawa nama harum Indonesia dan juga membawa batik Toket Pamekasan ke kancah internasional," harapnya. ***

Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved