Breaking News:
Grahadi

Pemprov Jatim

Investor Terus Masuk di JIIPE, Khofifah Optimistis Jadi Penyerap Tenaga Kerja yang Tinggi di Gresik

Meski pandemi Covid-19 belum berhenti, namun investasi di Jawa Timur tetap bergairah.

SURYA.CO.ID/Fatimatuz Zahro
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa hadir dalam groundbreaking pembangunan pabrik Pangansari di kawasan ekonomi khusus (KEK) JIIPE, Kabupaten Gresik, Rabu (31/3/2021). 

SURYA.CO.ID, GRESIK - Meski pandemi Covid-19 belum berhenti, namun investasi di Jawa Timur tetap bergairah. Salah satu tandanya adalah terus masuknya investor ke sentra-sentra industri di Jawa Timur.

Seperti pada Rabu (31/3/2021) siang ini, salah satu industri di bidang makanan dan minuman skala besar, PT Pangansari, melakukan groundbreaking pembangunan pabrik di kawasan ekonomi khusus (KEK) JIIPE, Kabupaten Gresik.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa secara khusus hadir melakukan peletakan batu pertama pembangunan pabrik di JIIPE.

Ia menyambut positif terus masuknya pembangunan industri di Jatim, yang diharapkan menjadi pengungkit bangkitnya ekonomi Jawa Timur dan menjadi magnet penyerap tenaga kerja.

“Kehadiran Pangansari, kami harap mampu menyerap tenaga kerja sebanyak-banyaknya. Tolong Pangansari bisa memprioritaskan tenaga kerja dari Kabupaten Gresik,” ungkap Khofifah, dalam sambutannya.

Pasalnya, ia beberapa kali menengok pembangunan pabrik. Seringkali tenaga kerja yang diserap masih dari luar daerah, bahkan luar pulau.
Oleh sebab itu, ia secara khusus meminta agar kali ini, di pembangunan pabrik Pangansari bisa memprioritaskan warga Kabupaten Gresik.

Ini karena tingkat pengangguran terbuka (TPT) Kabupaten Gresik terbilang masih tinggi. Lebih tinggi dari angka TPT Jawa Timur.

Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Gresik meningkat pada masa pandemi covid-19, angkanya saat ini menjadi 8,21 persen. Jumlah tersebut masih di atas rata-rata TPT Jatim sebesar 5,84 persen.

Sehingga, Khofifah mengharapkan agar dalam penyerapan para tenaga kerja, Pangansari dapat mengutamakan penduduk asli Gresik. Baik tenaga kerja bangunan atau pertukangan sesuai kebutuhan pembangunan.

"Saya yakin dan optimistis, peresmian pabrik Pangansari ini bisa memberikan dampak yang signifikan bagi ketersediaan pangan di Jatim dan nasional. Bahkan, terus menembus pasar ekspor dengan menggandeng KUMKM (Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) yang ada di Jatim," tambah Khofifah.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved