Breaking News:

Sinergi BUMN

Pertamina dan Pelindo III Kerjasama Pengembangan Proyek Infrastruktur Energi di Labuhan Bajo 

Pelindo III Ground breaking pembangunan terminal BBM Pertamina di Terminal Multipurpose Labuhan Bajo. 

Foto:pelindo III
Pelindo III Ground breaking pembangunan terminal BBM Pertamina di Terminal Multipurpose Labuhan Bajo.  

SURYA.co.id | PT Pertamina (Persero) bersinergi dengan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III melalui pembangunan infrastruktur energi di Indonesia Timur.

Pembangunan Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) berkapasitas 1.500 KL akan meningkatkan kehandalan suplai BBM dan Avtur serta memenuhi kebutuhan energi bagi masyarakat Kabupaten Manggarai Barat dan Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

Kolaborasi Pertamina dengan Pelindo III dalam pengembangan infrastruktur energi TBBM di Labuan Bajo mencakup juga pembangunan infrastruktur laut termasuk dermaga dan berbagai fasilitas pendukung. Proyek ini akan dikembangkan di Terminal Multipurpose Wae Kelambu Labuan Bajo milik Pelindo III.

Pembangunan TBBM Labuan Bajo ini ditandai dengan Groundbreaking oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan disaksikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif.

Selain itu ikut menyaksikan, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, Direktur Utama Pelindo III Boy Robyanto serta Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur Josef Nae Soi pada akhir pekan lalu.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengapresiasi Pertamina, meskipun di tengah pandemi Covid-19 tetap semangat dalam memenuhi kebutuhan BBM untuk masyarakat.

"Pembangunan TBBM adalah salah satu usaha untuk mewujudkan ketahanan energi. Saat ini Pertamina telah memiliki infrastruktur yang cukup memadai dan akan terus dilengkapi," kata Arifin.

Menurut Arifin, kehadiran TBBM Labuan Bajo diharapkan dapat meningkatkan ketahanan stock BBM serta sekaligus dapat memotong rantai distribusi penyaluran BBM yang sebelumnya disuplai dari TBBM di luar wilayah Manggarai Barat.

"Labuan Bajo telah ditetapkan menjadi salah satu dari 5 destinasi wisata super prioritas.

Kita berharap pelaksanaan pembangunan TBBM dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan dan dapat diselesaikan sesuai target dan mulai beroperasi pada tahun 2023 sehingga peningkatan perekonomian masyarakat di sekitar dapat terwujud," imbuh Arifin.

Halaman
12
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved