Breaking News:

Berita Pasuruan

Lantik 57 Pejabat Fungsional, Ini Pesan Gus Ipul Agar Kota Pasuruan Tak Lagi Tertinggal

Gus Ipul: Makanya ayo kita setara, terutama dalam hal pelayanan publik. Minimal layanan publik dengan teknologi kita bisa setara dengan Surabaya

Penulis: Galih Lintartika | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Galih Lintartika
Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf melantik dan mengambil sumpah janji jabatan para pejabat fungsional di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan, Senin (29/3/2021). 

SURYA.CO.ID, PASURUAN - Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) melantik dan mengambil sumpah janji jabatan para pejabat fungsional di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan.

Bertempat di halaman depan kantor BKD Pemkot Pasuruan, Senin (29/3/2021), pelantikan digelar di ruang terbuka dengan protokol kesehatan.

Gus Ipul mengatakan, jabatan fungsional merupakan kedudukan yang menunjukkan tugas, tanggungjawab, wewenang dan hak seseorang ASN dalam suatu organisasi.

Jabatan fungsional memiliki tugas khusus yang didasarkan pada keahlian dan keterampilan khusus.

“Oleh karena itu, saudara yang telah memilih karier dalam jabatan fungsional harus mampu menunjukkan keahlian dan keterampilan tersebut. Bekerja dengan disiplin yang tinggi, serta mampu menunjukkan keahlian dan keterampilan,” kata Gus Ipul.

Pejabat fungsional yang dilantik harus memiliki motivasi tinggi. Kalau perlu motivasi harus dua kali lipat dibandingkan ASN lainnya.

Undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang ASN telah mengubah karier ASN yang sebelumnya berada di comfort zone alias zona nyaman menuju ke competitive zona atau zona kompetitif.

“Selama ini ASN berada di zona nyaman. ASN yang baru dilantik harus punya motivasi tinggi untuk mengejar ketertinggalan. Harus siap berkompetisi dan punya inovasi tinggi,” ujar mantan Wakil Gubernur Jawa Timur ini.

Kota Pasuruan selama ini banyak tertinggal dibandingkan daerah lain. Kemampuan fiskal juga sangat rendah dibandingkan kota-kota lain di Jawa Timur.

“Makanya ayo kita setara, terutama dalam hal pelayanan publik. Minimal layanan publik dengan teknologi kita bisa setara dengan Surabaya,” ujarnya.

Sementara itu, pelantikan kali ini diikuti 57 ASN yang diambil sumpah. Mereka terdiri dari 20 orang pengangkatan pertama dalam jabatan fungsional.

Kemudian 33 orang kenaikan jenjang jabatan fungsional, 3 orang inpassing atau penyesuaian dalam jabatan fungsional serta seorang pengangkatan kembali dalam jabaran fungsional.

“Pelantikan ini bentuk kepercayaan elemen lembaga. Ini adalah kepercayaan dan harus dijaga sampai akhir masa jabatan. Ini adalah awal dalam meniti karier. Kita perlu bekerja keras untuk mengejar kota-kota lainnya,” kata Gus Ipul.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved