Breaking News:

Lifesyle

Memperlombakan Keindahan Otot Tubuh, Body Contest kian Diminati Masyarakat Jatim

Para peserta saat berpos dalam body contest dalam acara Urban Newton Fitness Championship di Lenmarc Mall Surabaya, Minggu (28/3/2021).

surya.co.id/christine ayu
Para peserta body contest berpose dalam Urban Newton Fitness Championship di Lenmarc Mall Surabaya, Minggu (28/3/2021). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Di antara maraknya kejuaraan olahraga, body contest menjadi salah satu yang banyak diminati masyarakat Jawa Timur.

Tren olahraga yang mengusung keindahan tubuh berotot ini menyedot animo baik di kalangan anak muda maupun orang dewasa.

"Sejak dulu saya sudah hobi membentuk badan. Selain tubuh jadi bagus, ada banyak manfaat yang saya rasakan. Di antaranya tetap sehat dan awet muda," ungkap atlet body contest Hendrik Subianto, Minggu (28/3/2021).

Untuk mempertahankan bentuk tubuh, pria yang telah menggeluti body building selama 28 tahun ini selalu berlatih, baik secara mandiri maupun di tempat kebugaran.

"Yang terpenting yakni menjaga pola makan, pola latihan, dan mengonsumsi suplemen. Untuk diet, saya mengurangi asupan gula dan garam," katanya.

Staf salah satu hotel di Surabaya ini merupakan peserta dari Urban Newton Fitness Championship yang digelar di Lenmarc Mall Surabaya.

"Animo untuk body contest terbilang besar. Kali ini ada 150 peserta dari seluruh Jawa Timur, bahkan ada yang dari luar seperti Jawa Barat," ungkap CEO Urban Athletes Verawaty Budiyanto, penyelenggara acara.

Gelaran tersebut bertujuan untuk menemukan bibit-bibit binaragawan yang bisa melaju di tingkat nasional bahkan internasional.

"Ada tiga kategori kelas yakni middle muscle, new muscle, dan super beginner. Untuk paling pemula yakni super beginner," ia mengatakan.

Biasanya, pemula membutuhkan waktu tiga bulan untuk membentuk badan. Setelah setahun, baru masuk tahap new muscle.

"Kemudian tatap selanjutnya yakni middle muscle. Ini yang menjadi step awal untuk menjadi atlet binaragawan," Vera menuturkan.

Bidang body building kian diminati karena selain membentuk otot, juga memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

"Massa otot punya banyak manfaat, seperti melindungi tulang sehingga tetap sehat dan postur tubuh tetap baik," urainya.

Untuk membakar lemak, olahraga body building juga sangat efektif karena pembakaran tetap bekerja meski aktivitas olahraga telah selesai.

"Otot dapat membakar lemak sampai tiga hari setelah latihan, terutama lemak jahat yang berpotensi menimbulkan penyakit," pungkas Vera.

Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved