Breaking News:

Berita Pasuruan

Gus Ipul Minta Muslimat Sukseskan Program Tumpuan untuk Perempuan Kepala Keluarga

Gus Ipul minta perempuan muslimat ikut membantu mensosialisasikan program Tumpuan, sebuah program yang berarti Bantuan untuk Perempuan Kepala Keluarga

Penulis: Galih Lintartika | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Galih Lintartika
Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) bersama Ketua PCNU Kota Pasuruan KH Mohammad Nailur Rohman (Gus Amak) dan Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo saat menghadiri Harlah Muslimat NU di kantor PCNU Kota Pasuruan, Sabtu (27/3/2021). 

SURYA.CO.ID, PASURUAN - Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) minta perempuan muslimat ikut membantu mensosialisasikan program Tumpuan, sebuah program yang berarti Bantuan untuk Perempuan Kepala Keluarga (Janda).

“Kami memiliki program bernama Tumpuan. Program ini untuk memberikan stimulus dan membantu mereka para perempuan kepala kelurga,” kata Gus Ipul ketika menghadiri Harlah Muslimat NU di kantor PCNU Kota Pasuruan, Sabtu (27/3/2021).

Dari data yang ada, jumlah perempuan kepala keluarga atau janda di Kota Pasuruan mencapai 13 ribu lebih orang. Dari jumlah tersebut, 80 persen di antaranya masih kategori perempuan produktif, karena berusia di bawah 55 tahun.

Lantas bagaimana program Tumpuan akan diterapkan Pemkot Pasuruan? Program ini akan menyasar semua perempuan kepala keluarga.

Mereka akan dapat pendampingan serta bantuan modal usaha. Bantuan ini akan disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan masing-masing penerima bantuan.

“Nanti akan disesuaikan bantuannya, misalnya bantuan kambing tidak mungkin diberikan bagi mereka yang sudah sepuh. Kan ndak mungkin bisa mencarikan rumput,” kata Gus Ipul.

Selain itu, program Tumpuan ini akan membentuk satu holding usaha di masing-masing kelurahan. Dengan holding ini, para perempuan kepala keluarga akan berhimpun untuk mengembangkan usaha mereka.

Selain itu, di masing-masing kecamatan juga akan didirikan klinik usaha yang dilengkapi dengan etalase produk.

“Nanti pemberdayaan perempuan akan berbasis dasawisma dan PKK,” kata Gus Ipul.

Sementara itu, Harlah Muslimat NU kali ini dihadiri para pengurus muslimat Cabang hingga ranting se Kota Pasuruan. Turut hadir Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo serta Ketua PCNU Kota Pasuruan KH Mohammad Nailur Rohman (Gus Amak).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved