Breaking News:

Kios E-PAKLADI Mudahkan Masyarakat Kabupaten Pasuruan Urus Dokumen Kependudukan

Kepala Dispendukcapil Pasuruan Yudha Triwidya Sasongko (kanan) mendampingi Kepala Desa Jatiarjo Dardiri menyerahkan akta kelahiran kepada warga.

Penulis: Galih Lintartika | Editor: Parmin
surya.co.id/galih lintartika
Kepala Dispendukcapil Pasuruan Yudha Triwidya Sasongko (kanan) mendampingi Kepala Desa Jatiarjo Dardiri menyerahkan akta kelahiran kepada warga  Jatiarjo yang mengurus melalui Kios E-PAKLADI. 

SURYA.co.id | PASURUAN - Upaya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Pasuruan mempermudah pelayanan ternyata cukup berhasil.

Melalui program E-PAKLADI (Pelayanan Administrasi Kependudukan Langsung Jadi) banyak masyarakat Kabupaten Pasuruan merasakan  kemudahannya layanan ini.

Kios E-PAKLADI ini ada di setiap Desa/Kelurahan di Kabupaten Pasuruan. Kios ini melayani pelayanan KTP-el, Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, Akta Kematian, Kartu Identitas Anak (KIA), Surat Pindah Antar Kabupaten.

Kepala Dispendukcapil Yudha Triwidya Sasongko mengatakan, program ini sudah berjalan lima bulan. Dari hasil evaluasi, banyak masyarakat yang antusias terhadap program ini. 

"Banyak yang mendapatkan kemudahan. Mereka tidak perlu susah harus ke kantor Dispendukcapil untuk mengurus KTP, KK dan lainnya. Cukup ke kantor desa saja. Memangkas waktu dan tidak ribet," urainya.

Ia mengaku, akan terus mengoptimalkan program ini. Menurutnya, ini adalah terobosan agar masyarakat mendapatkan kemudahan. Satu hari bisa jadi, dengan catatan semua berkas terpenuhi.

"Ini akan kami evaluasi , termasuk permasalahan jaringan yang terjadi di beberapa desa. Karena faktor lingkungan yang aksesnya susah. Cuma akan kami fasilitasi semua," tambah dia.

Kepala Desa Jatiarjo Dardiri mengatakan, E-PAKLADI ini sangat membantu sekali. Dulu, awal menjadi Kepala Desa ada sekitar 1.800 warganya yang tidak memiliki KTP. Namun, setelah ada program ini semuanya terlayani.

"Ini sudah selesai semua. Allhamdulillah. E-PAKLADI memudahkan dan membuat pelayanan dokumen untuk masyarakat bisa terpenuhi," tambah Dardiri usai dikunjungi Dispendukcapil Pasuruan.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved