Breaking News:

Berita Banyuwangi

Wabup Banyuwangi Sugirah Tebar 1.000 Bibit Ikan di Sungai Desa Macan Putih untuk Konservasi

Penebaran ribuan ikan nila dan tombro tersebut dilakukan untuk mendukung daerah tersebut menjadi Kawasan Konservasi Kampoeng Ikan di desa itu.

surya.co.id/haorrahman
Wabup Banyuwangi Sugirah menebar ribuan bibit ikan di kawasan Sungai Jembatan Merah Putih, Desa Macanputih, Kecamatan Kabat sebagai sasaran program, Kamis (25/3/2021). 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Konservasi kawasan sungai salah satu menjadi perhatian Pemkab Banyuwangi.

Seusai digelar di Bendung Karangdoro, Kecamatan Tegalsari, kali ini giliran di kawasan Sungai Jembatan Merah Putih, Desa Macanputih, Kecamatan Kabat sebagai sasaran program.

Di kawasan tersebut dilakukan penebaran seribu bibit ikan pada 24 Maret 2021 lalu oleh Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari acara Susur Sungai di Desa Macanputih.

Penebaran ribuan ikan nila dan tombro tersebut dilakukan untuk mendukung daerah tersebut menjadi Kawasan Konservasi Kampoeng Ikan di desa itu.

Hadir dalam acara tersebut Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas), dan Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Desa Macanputih.

"Penebaran ikan ini akan memberi manfaat ekonomi bagi warga di aliran sungai. Harapan kita semua, dengan kemanfaatan ekonomi yang didapat, maka warga tergerak untuk menjaga kebersihan sungai," kata Sugirah. 

Selain untuk memberdayakan masyarakat, lanjut Sugirah, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Banyuwangi.

Dia menilai perikanan darat ini menjadi sangat penting, ketika perikanan di laut mengalami paceklik yang berakibat kurangnya tersedianya ikan di pasaran.

“Perikanan darat ini menjadi sangat penting saat menanggulangi kekurangan ikan disaat perikanan laut mengalami musim sepi ikan. Harga ikan juga menjadi lebih stabil,” ungkap Sugirah.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved