Breaking News:
Grahadi

Pemprov Jatim

Dubes Prancis dan Gubernur Khofifah Bahas Kerja Sama Industri Halal dan Fashion UMKM Jatim

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menerima kunjungan kerja Duta Besar Perancis untuk Indonesia, Olivier Chambard di Gedung Negara Grahadi

SURYA.CO.ID/Fatimatuz Zahro
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menerima kunjungan kerja Duta Besar Perancis untuk Indonesia, Olivier Chambard di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Rabu (24/3/2021). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menerima kunjungan kerja Duta Besar Perancis untuk Indonesia, Olivier Chambard di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Rabu (24/3/2021).

Dalam kunjungan tersebut, keduanya berdikusi bagaimana mengembangkan kerjas ama yang bisa memajukan Jawa Timur.

Gubernur Khofifah banyak menawarkan pengembangan kawasan industri halal dan juga kerja sama pengembangan UMKM di bidang fashion dan modes.

Menurutnya, ini sangat potensial, karena menurut data Global Islamic Economy Rating Indicator Tahun 2020/2021 menunjukkan bahwa Industri Fashion dan Mode Halal Indonesia menduduki peringkat kedua di dunia.

"Saat ini halal sudah menjadi gaya hidup masyarakat dunia. Maka, dengan mengangkat industri halal khususnya di bidang fashion dan mode akan mampu meningkatkan sektor ekonomi. Terlebih, mode juga berkaitan dengan kultur, budaya dan ekonomi. Karenanya, industri ini sangat bagus sekali untuk dikerjasamakan," ungkap Khofifah.

Khofifah menjelaskan, Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar dunia termasuk Jatim.

Di mana, Jatim memiliki pesantren 6.000 lebih yang dikuatkan dengan adanya One Pesantren One Produk (OPOP).

Selain itu, Jatim juga memiliki potensi besar yang didukung dengan banyaknya UKM dan IKM di bidang fashion.

Sementara di sisi lain, Kota Paris di Negara Perancis merupakan pusat mode dan fashion dunia. Dimana, semua tren mode dan fashion berkiblat ke Paris Perancis.

"Kami optimis akan terjalin kerja sama yang baik antara Jatim dan Perancis di bidang industri halal fashion dan mode. Apalagi, kita tahu kota Paris di Perancis adalah pusat fashion dan mode, jadi kerja sama ini sangat potensial," tandas orang nomor satu di Pemprov Jatim ini.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved