Breaking News:

Berita Pasuruan

Bertemu Mahfud MD, Gus Ipul Usulkan Revitalisasi Lapas Kota Pasuruan

Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf mengusulkan revitalisasi Lapas Kota Pasuruan, saat menemui Menkopolhukam Mahfud MD

Penulis: Galih Lintartika | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Galih Lintartika
Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf saat bertemu dengan Menkopolhukam, Mahfud MD di Jakarta. 

SURYA.CO.ID, PASURUAN - Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengusulkan revitalisasi Lapas Kota Pasuruan. Hal itu disampaikannya saat menemui Menkopolhukam, Mahfud MD dalam kunjungan kerja.

Gus Ipul menyampaikan, salah satu alasan mengusulkan pemindahan Lapas Kota Pasuruan itu karena pertimbangan overload. Jumlah penghuni lapas sudah sangat melebihi dari angka standarnya.

Disampaikan dia, Lapas Kota Pasuruan ini memiliki daya tampung 260 orang. Namun, hari ini, ada 870 orang yang menghuni lapas ini. Kondisi ini jelas menggambarkan jika penghuni lapas sudah melebihi kapasitas.

"Jumlah itu belum tahanan atau narapidana yang dititipkan di Polres Pasuruan Kota dengan jumlah yang beragam, bisa sampai 100 orang. Ini perlu ada solusi agar permasalahan ini bisa terselesaikan," papar Gus Ipul, Rabu (24/3/2021).

Menurut Gus Ipul berdasarkan data yang ada, 600 penghuni ini mayoritas terjerat kasus penyalahgunaan narkoba.

"Saya juga mengusulkan sekaligus menawarkan Lapas yang baru nantinya juga menjadi lapas yang bisa merehabilitasi kasus narkoba," tambahnya.

Menkopolhukam, Mahfud MD mengapresiasi usulan yang disampaikan Gus Ipul.

Kata Mahfud, program yang ditawarkan ini sangat menarik. Ia mengaku akan segera koordinasi dengan menteri-menteri lainnya, di antaranya dengan Kemenkumham serta Kemensos.

"Saya apresiasi usulan pemindahan Lapas ini. Nantinya, Lapas yang baru bisa dijadikan sebagai Lapas Terpadu. Di dalamnya ada RS rehabilitasi korban narkoba hingga pembinaan rohani semacam pesantren lapas," tutup Mahfud MD.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved