Breaking News:

Berita Lumajang

Lumajang Bersiap Terapkan e-Tilang, CCTV Segera Dipasang untuk Rekam Pelanggar Lalu Lintas

Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) dapat mendeteksi pengguna jalan yang melanggar lalu lintas dengan bukti nyata, kuat serta akurat.

Penulis: Tony Hermawan | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Febrianto Ramadani
Ilustrasi petugas kepolisian menunjukkan salah satu jenis pelanggaran tilang elektronik yang tertangkap kamera CCTV. 

SURYA.CO.ID, LUMAJANG - Satlantas Polres Lumajang akan segera memasang kamera CCTV untuk menerapkan e- tilang atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Kota Pisang. Hal itu menyusul setelah Korlantas Polri melaunching ETLE di Indonesia.

Kasatlantas Polres Lumajang, AKP Bayu Halim mengatakan, 1 unit kamera CCTV sudah didatangkan. Rencananya 1 kamera itu akan dipasang di simpang 3 ruas Jalan Sukodono.

"Dalam waktu dekat ini pokoknya akan segera dipasang. Kami masih melakukan sinkronisasi antara pihak Dishub, Kejaksanaan maupun jasa pengiriman paket," kata Bayu, Selasa (23/3/2021).

Bayu melanjutkan, adanya ETLE siapa pun yang melanggar peraturan lalu lintas akan tegas ditindak. Sebab ETLE dapat mendeteksi pengguna jalan yang melanggar lalu lintas dengan bukti nyata, kuat serta akurat.

"Jadi ETLE ini teknologi kamera CCTV yang dapat mendeteksi pelanggar lalu lintas terkait waktu maupun jenis pelanggarannya tanpa pandang bulu," ujarnya.

Adapun jenis pelanggaran yang bisa terdeteksi sensor kamera ETLE yakni pelanggaran marka, menyalip dari kiri, menerobos lampu merah.

Tidak hanya itu, tak menggunakan helm, berboncengan sepeda motor melebihi kapasitas maupun berkendara tanpa mengenakan sabuk pengaman otomatis akan terekam sebagai pengendara pelanggar lalu lintas.

Selain itu, kamera itu juga dapat berfungsi sebagai CCTV umum. Karena kualitasnya yang bagus kamera itu mampu merekam setiap kejadian yang terjadi di jalanan.

"Kualitas kameranya ini sama dengan CCTV yang ada di Surabaya. Karena ini program nasional jadi kualitas unitnya seragam bisa merekam saat malam hari, ketika hujan deras, dan bisa nge-zoom sampek jarak hitungan kilometer. Nah tidak menutup kamera ini bisa mendeteksi kejahatan," terangnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved