Breaking News:
Grahadi

Pemprov Jatim

Tiga Menteri Bersama Gubernur Khofifah Lepas Ekspor Komoditas Pertanian Jatim Senilai Rp 140 M

Pelepasan ekspor dari Pelabuhan Teluk lamong dilakukan bersama-sama oleh tiga menteri dengan total komoditas pertanian sebanyak 32 jenis.

SURYA.CO.ID/Fatimatuz Zahro
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Perdagangan M Lutfi, dan juga Menteri BUMN Erick Thohir didampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melakukan pelepasan ekspor komoditas pertanian Jatim dari terminal Teluk Lamong, Jumat (12/3/2021). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Perdagangan M Lutfi, dan juga Menteri BUMN Erick Thohir didampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melakukan pelepasan ekspor komoditas pertanian Jatim dari Terminal Teluk Lamong, Jumat (12/3/2021).

Pelepasan ekspor dari Pelabuhan Teluk lamong dilakukan bersama-sama oleh tiga menteri dengan total komoditas pertanian sebanyak 32 jenis.

Seluruh komoditas pertanian ekspor itu diekspor ke 27 negara tujuan. Dengan total nilai ekspor sebesar Rp 140 miliar.

Sebanyak 32 jenis komoditas ekspor hari ini di antaranya adalah sarang burung walet, pakan ternak, premik, cicak kering, lipan kering, L-Lysine sulfate, animal feed additive, Greenfields ESL Pasteurised, anlene movmax, kelapa bulat, cacao powder, cocoa butter, kopi biji, cengkeh, dan Fiber mixed Feed (Sillage) Allformilk.

Komoditas terbesar dalam pelepasan ekspor hari ini yaitu sarang burung walet dengan nilai ekspor mencapai Rp 9,9 miliar dengan negara tujuan Tiongkok.

Selain itu ada cocoa butter dengan nilai Rp 4,2 miliar yang diekspor ke Tiongkok. Serta komoditas kelapa bulat dengan nilai Rp 1,09 miliar yang diekspor ke Thailand.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, pelepasan ekspor kali ini tidak hanya dilakukan di Jawa Timur, namun juga serentak dilakukan se-Indonesia.

"Sesuai arahan Bapak Presiden kami bertiga dan didampingi oleh Ibu Gubernur hari ini melepas ekspor dengan komoditas yang cukup banyak. Total ada 32 jenis komoditas pertanian dengan tujuan 27 negara yang totalnya Rp 140 miliar. Tapi sebenarnya secara nasional kita ada pelepasan ekspor di 52 Pelabuhan dengan total nilai 1,2 triliun," tegas Menteri Yasin.

Lebih lanjut dikatakan Menteri Pertanian, bahwa di tahun 2020 ekspor Indonesia secara nasional cukup baik. Di mana total nilai ekspor pertanian Indonesia di tahun 2020 nilainya mencapai Rp 549 trilliun.

"Capaian ekspor kita tahun 2020 itu naik sebesar 15,4 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Ini datanya bukan dari Kementerian Pertanian, tapi ini datanya dari BPS," tegas Yasin.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved