Breaking News:

Berita Malang Raya

Hindari Penyalahgunaan, Polresta Malang Kota Gelar Pemeriksaan Senjata Api

Untuk mengantisipasi penyalahgunaan, Polresta Malang Kota lakukan pengecekan senjata api (senpi)

tribun jatim/kukuh kurniawan
Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata saat melakukan pengecekan senjata api (senpi), Rabu (10/3/2021). 

SURYA.CO.ID, MALANG - Untuk mengantisipasi penyalahgunaan, Polresta Malang Kota lakukan pengecekan senjata api (senpi), Rabu (10/3/2021).

Kegiatan dilaksanakan di halaman Mapolresta Malang Kota, usai melaksanakan apel pagi, dipimpin oleh Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata.

Dalam pengecekan itu, seluruh senjata api milik personil Polresta Malang Kota dan Polsek jajaran dicek satu persatu secara detail. Baik kebersihan senjata maupun fungsi mekanisme senjata, apakah dapat berfungsi dengan baik atau tidak.

Tidak hanya itu, dalam pemeriksaan tersebut juga dilakukan pengecekan surat izin pemegang senpi.

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata mengatakan, bahwa pengecekan dan pemeriksaan terhadap personil pemegang senpi dinas ini, sebagai bentuk pengawasan serta pengendalian guna mengantisipasi terjadinya penyalahgunaan.

"Tujuan yang utama adalah mengantisipasi penyalahgunaan senjata api dan amunisi oleh para pemegang senpi. Untuk itu kami lakukan pengawasan dan pengecekan secara berkala," ujarnya kepada TribunJatim.com.

Ia menjelaskan dalam pemeriksaan ini, juga dilakukan evaluasi terhadap kondisi psikologis dari para pemegang senjata api tersebut.

"Kalau ada yang tidak sesuai atau masa berlaku surat izin pemegang senpinya sudah habis, maka akan kami tarik senjata apinya. Dan ini berlaku untuk semua personil, baik itu tingkat perwira maupun brigadir," jelasnya.

Dalam pemeriksaan tersebut, pihaknya menemukan ada beberapa personil yang surat izin pemegang senpinya sudah habis.

"Hasil dari pemeriksaan ini, kami menemukan ada 5 personil pemegang senpi yang surat izin pemegang senpinya sudah habis dan hasil tes psikologinya Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Tentu saja senpinya kami tarik dan akan dilakukan evaluasi personil," tandasnya.

Penulis: Kukuh Kurniawan
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved