Breaking News:

Berita Banyuwangi

Bupati Banyuwangi Ipuk Festiandani Ngantor di Desa Perbatasan Taman Nasional Alas Purwo

Sejak pagi hingga sore, Bupati Ipuk berada di Desa Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo, yang berbatasan dengan Taman Nasional Alas Purwo.

Foto Humas Pemkab Banyuwangi
Bupati Ipuk berada di Desa Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo, yang berbatasan dengan Taman Nasional Alas Purwo. 

SURYA.CO.ID, BANYUWANGI - Program “Bunga Desa” alias “Bupati Ngantor di Desa” oleh Bupati Banyuwangi Ipuk Festiandani terus berlanjut.

Sejak pagi hingga sore, Bupati Ipuk berada di Desa Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo, yang berbatasan dengan Taman Nasional Alas Purwo.

Di Balai Desa Kalipait, Rabu (10/3/2021), Bupati Ipuk berkantor untuk membahas sejumlah permasalahan dengan aparat desa.

Mulai anak putus sekolah, pemanfaatan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa, sertifikat tanah, persampahan, hingga peningkatan kualitas produk hortikultura.

Selama satu jam lebih, Ipuk berdiskusi dan mendengarkan apa yang perlu dilakukan untuk menjawab kebutuhan warga setempat.

"Ibaratnya, ini kami mendekati masalah. Jadi tidak meneropong dari jauh, tapi datang langsung ke desa. Cek, pantau, bahas bareng apa yang harus dilakukan. Kalau solusinya tidak bisa saat ini, dalam arti jangka menengah-panjang, nanti masuk di perencananaan Bappeda dan dinas terkait," ujarnya.

Seusai membahas masalah desa, Ipuk melanjutkan koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan. Pada Dinas Pendidikan, Bupati Ipuk menekankan pada akselerasi peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Ipuk ingin, IPM Banyuwangi yang telah masuk kategori tinggi dengan angka 70,06, bisa lebih ditingkatkan lagi.

“Saya minta Pak Ratno (Kepala Dinas Pendidikan Suratno) untuk perkuat kolaborasi dengan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat untuk memperbaiki rata-rata lama sekolah warga. Karena kalau di-breakdown, salah satu tantangan utama peningkatan IPM Banyuwangi ada di lama sekolah karena sebagian warga dulunya karena satu dan lain belum sempat sekolah formal,” ujarnya.

Bupati Ipuk juga membahas tentang percepatan vaksinasi Covid-19 yang telah memasuki pemberian dosis kedua untuk tahap II bagi pelayan publik.

Halaman
123
Penulis: Haorrahman
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved