Breaking News:

Pemprov Jatim

Prancis Bangun Pabrik Ragi Senilai Rp 3 Trilliun di Malang, Khofifah Minta Serap Banyak Tenaga Lokal

Senin sore (8/3/2021), Gubernur Khofifah bersama Bupati Malang Sanusi meninjau lokasi pembangunan pabrik ragi asal Prancis di kawasan Bululawang. 

surya.co.id/fatimatuz zahro
Gubernur Khofifah didampingi Bupati Malang Sanusi dan General Manager Lesaffre Sari Nusa Olivier Boullard meninjau lokasi pembangunan pabrik ragi oleh investor asal Prancis di kawasan Bululawang, Kabupaten Malang, Senin (8/3/2021).  

SURYA.CO.ID, MALANG - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mendorong investasi bisa terus masuk ke Jawa Timur, termasuk di Kabupaten Malang.

Senin sore (8/3/2021), Gubernur Khofifah bersama Bupati Malang Sanusi meninjau lokasi pembangunan pabrik ragi asal Prancis di kawasan Bululawang. 

Industri skala besar ini tengah dibangun dengan total investasi mencapai Rp 3 trilliun. Khofifah optimistis bahwa kian berkembangnya industri yang masuk ke Jatim bisa membawa kesejahteraan bagi warga Jatim khususnya di Kabupaten Malang.

Ia berharap adanya industri ini bisa mampu menyerap banyak tenaga lokal asal Malang dan sekitarnya. 

"Pabrik ini insya Allah Oktober 2022 siap produksi. Minggu depan rencana akan diputuskan mitra perguruan tinggi untuk menyiapkan vocational training tenaga lokal untuk menyiapkan SDM saat beroperasi nanti. Mohon do'a semoga lancar," tegas Khofifah. 

Pasalnya perguruan tinggi akan dijadikan mitra dari industri asing ini untuk menyiapkan vocational trainingnya. Ia berharap akan banyak tenaga lokal yang bisa direkrut dan terjadi transfer knowledge sehingga bisa mengurangi kemiskinan di kawasan Malang bagian selatan. 

Saat meninjau di lokasi, pembangunan pabrik milik Lesaffre Sari Nusa ini masih tahap awal. Saat ini pembangunan industri baru memasuki tahapan piling pile. Ditargetkan seluruh penyiapan bangunan industri lengkap dengan manufakturnya akan selesai satu setengah tahun. 

"Tim advance dari Prancins sudah datang ke Jakarta. Minggu depan insya Allah mereka akan ke sini. Semua running well. Semoga lancar dan semoga semua yang sedang berjalan bisa menjadi upaya percepatan peningkatakan kesejahteraan masyarakat di Jatim khususnya di Malang," tegas Khofifah. 

Sementara itu General Manager Lesaffre Sari Nusa Olivier Boullard yang juga mendampingi Khofifah di lokasi, mengatakan bahwa pabrik ini menjadi yang pertama didirikan di Indonesia.

Sebelumnya, produk ragi mereka sudah beredar di pasar Indonesia namun didatangkan dengan cara impor. 

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved